#006 Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa Dengan Proyek Pembelajaran

basiceducationkecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Kacakapan Hidup Siswa
Konsep kecerdasan ganda menjelaskan bahwa kecerdasan bukan saja terkait penguasaan atas salah satu muatan pembelajaran saja. Siswa sebagai individu memiliki perbedaan minat dan kecerdasan yang berbeda-beda sebagai bentuk karunia Tuhan. Masing-masing siswa memiliki keunikan tersendiri yang lebih dominan dengan tambahan bonus-bonus keunikan-keunikan lainnya.

Solver Agung Purnomo menyampaikan bahwa berdasarkan hasil riset, potensi diri yang dapat diturunkan hanya mempengaruhi keberhasilan hidup seseorang sekitar 20 persen saja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. 
percayadirimampukecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Lembaga pendidikan dalam artian rangkaian lembaga pendidikan yang berjenjang diharapkan mampu menjadikan lembaganya sebagai lingkungan yang mendukung peningkatan potensi masing-masing siswanya. Jangan sampai muncul stigma bahwa bersekolah hanya untuk mendapatkan pengakuan sosial berupa lembar kelulusan semata. 

Pendidikan dengan peningkatan kecakapan hidup menjadi salah satu solusi untuk menghadapi permasalahan di atas. Pendidikan kecakapan hidup dimaknai sebagai bentuk pendidikan untuk meningkatkan kecakapan atau kompetensi seseorang dalam mengatasi tuntutan dan tantangan hidup. 
kecakapansiswakecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Dari urian tersebut di atas serta dalam rangka mengimplementasikan salah satu bagian dari kurikulum, maka berikut ini merupakan salah satu contoh pembelajaran yang diusahakan untuk memberikan dan meningkatkan kecakapan hidup siswa. Kecakapan hidup yang dimaksidkan adalah bukan saja berupa memperkenalkan siswa dengan produk-produk suatu pekerjaan, namun kecakapan hidup berupa penanaman sikap dapat didapatkan siswa selama siswa melaksanakan proyek pembelajaran. 

Proyek Pembelajaran
Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan segala kelebihan dan kekurangannya, layak untuk diberikan perhatian dalam mengakomodasi peningkatan kecakapan hidup. Proyek pembelajaran menjadi salah satu caranya. Kali ini proyek pembelajaran yang akan diuraikan adalah proyek pembelajaran kelas 6 pada tema yang pertama. 
bahanbahankecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Pada proyek pembelajaran kelas 6 tema pertama ini dilakukan dengan melaksanakan proyek pembuatan patung. Salah satu teknik yang terjangkau untuk dilakukan adalah pembuatan patung dengan teknik cetak. Teknik ini termasuk dalam kategori mudah dan dapat dilakukan dibandingkan dengan teknik-teknik pembuatan patung lainnya. 

Proyek pembelajaran ini mendapatkan porsi 2 hari tatap muka dikurangi dengan sisipan muatan-muatan pembelajaran lainnya. Dengan berbagai pertimbangan maka disetujui untuk melanjutkan sebagian pekerjaan proyek pada siang harinya. 
hasilhasilproyekkecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Dengan persiapan yang sudah dilakukan akhirnya proyek pembelajaran pembuatan patung terlaksana dengan baik. Beberapa kendala muncul namun dapat diatasi dengan baik. 

Tahapan-tahapan pelaksanaan proyek pembelajaran pembuatan patung diawali dengan memberikan tugas individu untuk mengumpulkan informasi terkait pembuatan patung dengan teknik cetak. 
mengumpulkaninformasikecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Dilanjutkan dengan pelaksanaan proyek pembelajaran dengan menggunakan alat dan bahan-bahan berupa : celengan, cutter, timba, cetok, semen putih, amplas, cat, dan kuas. 

Prose pembuatan patung dilaksanakan berdasarkan kesimpulan hasil tugas individu untuk mengumpulkan informasi terkait pembuatan patung dengan teknik cetak. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
alatbahanpembuatanpatungkecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

  1. Lubangi bagian bawah celengan dengan menggunakan cutter
  2. Buat adonan semen putih yang dicampur dengan air
  3. Masukkan secara merata adonan semen putih ke dalam celengan yang telah disiapkan (jangan sampai ada bagian yang meninggalkan sisa ruang dalam celengan)
  4. Biarkan adonan semen putih mengeras dan kering
  5. Bakar celengan yang telah berisi adonan semen putih untuk melelehkan celengan
  6. Amplas sampai halus patung yang telah terbentuk
  7. Berikan cat yang sesuai
Alhamdulillah, proyek pembelajaran pembuatan patung dengan teknik cetak telah selesai dilaksanakan dengan hasil yang menggembirakan. Siswa-siswa puas dengan hasil yang mereka peroleh. 
hasilpatungkecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Beberapa catatan yang dapat disampaikan adalah :
  • Proyek pembuatan patung dan proyek-proyek pembelajaran lainnya menjadi salah satu cara untuk memberikan dan meningkatkan kecakapan hidup bagi siswa.
  • Kecakapan hidup yang dimaksud bukan saja terkait hal-hal yang terkait teknis menghasilkan suatu produk berupa benda, namun lebih penting daripada itu adalah bagaimana sebagai sarana peningkatan sikap pada saat melakukan suatu kegiatan bersama-sama.
  • Pada proses pembuatan patung terdapat langkah yang berbahaya terutama bagi siswa pada tahap membakar celengan yang telah terisi adonan semen putih (mohon diperhatikan dan diperingatkan atas hal tersebut kepada siswa).
Kami yakin bahwa di tempat lain banyak yang telah melakukan hal yang lebih dari yang kami sajikan ini, mari susun puzzle-puzzle aktivitas pendidikan bersama-sama untuk kemajuan.
inpirasiqouteskecakapanhidupsiswadenganproyekpembelajaran

Dengan ini, kami sampaikan bahwa tidak ada maksud apapun dalam sajian ini selain hanya sekedar berbagi saja. Semoga memberikan manfaat dan menginspirasi. 

Berikut ini kami bagikan link video proses proyek pembelajaran yang telah dilakukan.











Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel