#002 Rancangan Inovasi Pendidikan “Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran”

coverrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Deskripsi Inovasi Strategi Terbalik Dalam pembelajaran
Inovasi dalam pembelajaran “Strategi Terbalik Dalam pembelajaran” yang dikembangkan ini secara umum memiliki pola/ strategi pembelajaran yang diawali dengan pretest–analisa hasil pretest–penyampaian materi sesuai hasil analisa pretest–pos test–evaluasi hasil belajar. 

Berbeda dengan strategi pembelajaran yang biasa dilaksanakan yakni dengan penyampaian tujuan pembelajaran–penyampaian pembelajaran–evaluasi pembelajaran.
perbandinganrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran
Strategi yang dikembangkan sebagai inovasi pembelajaran ini mensubstitusi penyampaian tujuan pembelajaran dan penggalian kemampuan awal siswa dengan kegiatan pretest dilanjutkan dengan penggunaan pendekatan, model, metode pembelajaran dan penggunaan/ pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam tahapan pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil analisa pre test. 

Secara umum Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran dapat kita lihat pada diagram alur berikut :
diagramalurrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran
    Diagram Alur Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran

Cara Pembuatan Inovasi Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran
Untuk mengaplikasikan/ mempergunakan inovasi pembelajaran yang kami kembangkan ini, beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran ini antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Dua (2) paket soal utuh / lengkap (pada contoh pengembangan muatan pembelajaran matematika. Paket pertama dengan tingkat kesulitan soal sedang untuk soal pretest dan posttest, sedangkan paket kedua dengan tingkat kesulitan merata (mudah, sedang, sukar) untuk soal evaluasi pembelajaran.
  2. Lembar format analisa pretest, dipergunakan untuk menganalisa hasil pretest untuk selanjutnya dipergunakan sebagai dasar pemetaan materi (porsi mendalam, sedang, dan ringan) yang akan disampaikan pada pelaksanaan pembelajaran.
  3. Pada fase pelaksanaan pembelajaran dengan didasarkan kepada hasil analisa pretest, kita dapat mengkombinasikan dengan pendekatan, model dan metode pembelajaran serta penggunaan/ pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk menunjang penyampaian materi baik yang harus diberikan dengan intensitas dalam, sedang dan ringan.
  4. Untuk mengisi waktu siswa ketika guru memeriksa dan menganalisa hasil pretest, siswa bisa disiapkan kegiatan pembelajaran yang dapat dilaksanakan mandiri oleh siswa, atau kalau dipandang “etis” siswa dilibatkan dalam pengkoreksian hasil pretest (hal ini akan memberikan pemahaman lebih mandalam terhadap apa yang menjadi tujuan pembelajaran saat itu).

rencanapersiapanpelaksanaanrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran


Pengaplikasian inovasi strategi terbalik dalam pembelajaran ini kami kembangkan dengan mencoba merencanakan muatan Matematika dengan fokus materi memahami luas persegi, silahkan jika berminat untuk dikembangkan pada pembelajaran tematik.
Contoh soal pretest untuk muatan pembelajaran lainnya dapat dikembangkan sendiri. Berikut ini contoh soal pretest matematika.
contohpretestrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Pada contoh pelaksanaan pembelajaran yang kami kembangkan, hasil pretest dimasukkan ke dalam format seperti berikut.
formatanalisishasilpretestrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Dengan mempertimbangkan hasil analisa yang telah dilakukan berdasarkan hasil pretest siswa, maka dilakukan penyampaian materi berdasarkan derajat intensitas mendalam, sedang, dan ringan dengan didukung oleh pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang sesuai serta dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, demi mendapatkan hasil maksimal untuk selanjutnya dilaksanakan posttest dengan menggunakan soal yang sama dengan soal pada saat pelaksanaan pretest. 

Penyampaian materi pembelajaran dengan mempertimbangkan hasiul analisa pretest dapat dilakukan misalnya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri (pengamatan), eksperimen, dan lain-lain ditambah dukungan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang penyampaian materi pembelajaran dan juga memenuhi berbagai jenis sumber belajar yang bervariasi dan relevan.
prosespelayananpembelajaranrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Tahap terakhir adalah pelaksanaan evaluasi pembelajaran sebenarnya jika hasil posttest sudah memenuhi/ sesuai dengan hasil yang kita harapkan, jika belum memenuhi maka dapat dilakukan penguatan-penguatan terutama pada bagian-bagian materi yang masih terasa kurang dipahami oleh siswa. Contoh soal posttest dapat dilihat seperti contoh berikut. 
contohsoalposttestrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Sampai di sini sudah mulai memahami maksud pengembangan inovasi strategi terbalik dalam pembelajaran. Silahkan lanjutkan membaca untuk pemahaman lebih lanjut.



0 Response to "#002 Rancangan Inovasi Pendidikan “Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran”"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel