[009] Seri Statistik : Uji Hipotesis Mean Ganda dengan Sampel Kecil menggunakan Uji T

[009] SERI STATISTIK : Uji Hipotesis Mean Ganda dengan Sampel Kecil menggunakan Uji T 
coversketsaujibasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Melanjutkan uraian-uraian tentang uji-uji statistik sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang Uji Hipotesis Mean Ganda dengan Sampel Kecil menggunakan Uji T.


Dalam uji kali ini juga dengan persepsi menguji suatu perlakuan tertentu terhadap sampel lebih baik dari perlakuan tertentu lainnya pada sampel yang lainnya.

Informasi lainnya adalah jumlah sampel masing-masing gugus data adalah berbeda (<100 untuk komulatif gabungan sampel 2 gugus datanya), nilai rerata dan simpangan baku kedua gugus data adalah berbeda. Bagaimana melakukan uji T nya mengacu pada jumlah sampel yang (<100 untuk komulatif gabungan sampel 2 gugus datanya) ?.

Walaupun jumlah sampel pada kedua gugus data tersebut tidak sama, namun kedua gugus data yang dilakukan uji telah memiliki predikat homogen dan berdistribusi normal.

Baiklah, langsung kita menuju pengujian secara praktisnya.

Soal
Seorang peneliti menginginkan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran X yang dilakukan pada kelas 6a dengan jumlah anggota rombel 29 siswa lebih baik dari penerapan model pembelajaran Y yang dilakukan pada kelas 6b dengan jumlah anggota rombel 28 siswa.

Diketahui bahwa nilai ulangan kedua kelas yang digunakan untuk menguji dugaan peneliti tersebut homogen, berdistribusi normal.

Nilai rata-rata kelas 6a adalah 72 dan simpangan bakunya 8; sementara itu nilai rata-rata kelas 6b adalah 68 dan simpangan bakunya 9. Berdasarkan penjelasan di atas tentukan :

  • Hipotesis statistik yang tepat dirumuskan untuk dugaan peneliti tersebut !
  • Statistik uji yang tepat digunakan untuk membuktikan dugaan peneliti tersebut !
  • Nilai statistik hitung berdasarkan informasi nilai-nilai ulangan kedua kelas !
  • Sketsa daerah penerimaan dan daerah penolakan hipotesis statistik beserta kriteria (nilai kritis) yang dapat digunakan oleh peneliti tersebut dalam menguji hipotesis statistik yang telah ditetapkan !
  • Apa kesimpulan yang dapat diperoleh oleh peneliti tersebut berdasarkan hasil nilai statistik uji hitung dan kriteria pengujian hipotesisnya ?

Jawab
Diketahui : 
diketahuibasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Rumusan Hipotesis
rumusanhipotesisbasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Dengan pembacaan, jika hasil uji jatuh di bawah daerah penerimaan HA, maka tolak H0; jika hasil uji jatuh di bawah daerah penerimaan H0, maka tolak HA.

  • Tolak HA / Terima H0, maka hipotesis terbukti bahwa dua gugus data homogen atau terbukti bahwa Nilai Rata-Rata Ulangan Kelas 6a tidak lebih baik dari Nilai Rata-Rata Ulangan Kelas 6b.
  • Tolak H0 / Terima HA, maka hipotesis terbukti bahwa dua gugus data homogen atau tidak terbukti bahwa Nilai Rata-Rata Ulangan Kelas 6a lebih baik dari Nilai Rata-Rata Ulangan Kelas 6b.
Karena simpangan baku populasi tidak diketahui dan sigma jumlah sampel dua (2) gugus data (29 + 28 = 57), tergolong kecil pada ukuran mean ganda (< 100), dan bersifat saling lepas, maka dapat kita uji dengan uji statistik t mean ganda satu arah (kanan).

Nilai statistik hitung (t hitung) 
rumusnilaistatistikhitungbasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Dengan berdasarkan pada rumus t hitung mean ganda sampel kecil di atas, maka perhitungan nilai t hitung nya adalah sebagai berikut. 
perhitungannilaistatistikhitungbasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Dengan derajat kebebasan (dk)
derajatkebebasanbasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Dan diasumsikan taraf signifikansi / alpha (α = 0,05) 
Maka t tabel = t (0,05)(55) = 1,673 
(Lihat pada tabel critical value of the t-distribution)
ttabelbasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Daerah kritis dari hipotesis tersebut adalah :
daerahkritisbasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit

Sketsa uji dalam kurva : 
sketsaujibasiceducationujihipotesismeangandasampelkecilujit


Kesimpulan Uji Hipotesis t
Nilai t hitung (1,744) > Nilai t tabel (1,673)

Atau nilai t hitung jatuh di bawah daerah penerimaan HA (daerah yang diarsir), dengan demikian dapat diputuskan Terima HA dan Tolak H0. Sudah cukup bukti untuk menolak hipotesis nol.

Sehingga disimpulkan Bahwa penerapan model pembelajaran X yang diterapkan di kelas 6a dengan banyaknya siswa 29 orang Terbukti lebih baik dari penerapan model pembelajaran Y yang diterapkan di kelas 6b dengan banyaknya siswa 28 (Homogen, Berdistribusi Normal).


Demikian penjelasan mengenai Uji Hipotesis Mean Ganda Sampel Kecil dengan Menggunakan Uji T dalam bentuk penyelesaian soal.

Penulis menyediakan Buku Modul Praktis Statistik dalam bentuk printout dan juga file .doc yang disusun oleh penulis.

Demikian yang dapat disampaikan dengan segala keterbatasan yang ada. Dipersilahkan untuk memberikan saran, tanggapan dan kritik.

Semoga bermanfaat.












0 Response to "[009] Seri Statistik : Uji Hipotesis Mean Ganda dengan Sampel Kecil menggunakan Uji T"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel