#004 Rancangan Inovasi Pendidikan “Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran”

coverrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran


Desain Pendifusian Inovasi Dan Kesimpulan 
Tahapan-tahapan dalam proses difusi/ pendifusian (diseminasi) inovasi untuk dapat dipergunakan oleh orang lain atau oleh masyarakat luas harus memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :

Desain
Pendifusian atau pengabaran atau pengimbasan pengembangan inovasi strategi terbalik dalam pembelajaran ini dilakukan dangan desain presentasi ke kelompok-kelompok atau komunitas guru. Disajikan sajian presentasi inovasi pembelajaran yang menampilkan permasalahan/ kendala umum dalam pembelajaran serta inovasi pembelajaran sebagai sarana mengatasi permasalahan/ kendala umum. 

desainpenyebaranrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Dengan menitikberatkan pada landasan dan alasan-alasan logis dan akurat terkait solusi untuk mengatasi permasalahan/ kendala dengan tawaran inovasi pembelajaran akan mempermudah membuka kesadaran pengguna dalam menerima dan menerapkan inovasi pembelajaran yang ditawarkan dalam inovasi pembelajaran.

Awarness-Interest
Komunikasi untuk penyadaran secara halus diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan dengan mengedepankan karakteristik inovasi berupa kemanfaatan (relative advantage); kesesuaian (compability); kerumitan (complexity); dapat dicoba (triability); dan penampakan penggunaan inovasi (observability).
kesadaranuntukmenerimadeseminasirancanganstrategiterbalikdalampembelajaran

Evaluation
Evaluasi atas inovasi pembelajaran baik yang dilakukan secara intern inovator maupun yang melibatkan pengguna dapat dilakukan untuk menghasilkan analisa keunggulan dan kendala-kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan/ minat pengguna dalam menggunakan inovasi pembelajaran tersebut. 
evaluasipenyebarabrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran
Trial
Uji coba atas produk inovasi pembelajaran dilakukan untuk melihat sejauh mana inovasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna. Dengan adanya trial (uji coba), maka calon pengguna dapat melihat dan mencoba sendiri kemudahan dalam penggunaan inovasi pembelajaran dan dapat diputuskan oleh pengguna untuk mengunakan produk inovasi pembelajaran tersebut. 
trialdanerrorrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran


Kesimpulan 
Dari analisa latar belakang, deskripsi inovasi, dan pengimplementasian/ pendifusian inovasi strategi terbalik dalam pembelajaran, serta desain pendifusian yang telah disampaikan di atas, maka kesimpulan yang dapat disampaikan diantaranya sebagai berikut : 

  1. Permasalahan/ kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berperan penting sebagai pemicu dalam pengembangan inovasi pembelajaran berupa inovasi baru/ pengembangan dari inovasi-inovasi pembelajaran yang telah ada sebelumnya.
  2. Pengembangan inovasi pembelajaran berupa pengembangan strategi terbalik dalam pembelajaran termasuk dalam kategori additive innovation dan dan bersifat addition–restructuring, yaitu menambah komponen pola pembelajaran dan menata kembali pola pembelajaran dengan disesuaikan pada kebutuhan pencapaian hasil belajar yang maksimal.
  3. Diperlukan ketelitian, kecermatan, dan ketekunan serta kompetensi yang baik dari guru dalam mempergunakan inovasi strategi terbalik dalam pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Kelemahan yang ada pada inovasi strategi terbalik dalam pembelajaran dapat diatasi dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sesuai rencana, pemanfaatan waktu dan pemanfaatan sumber daya pendukung sebesar-besarnya serta pelibatan aktif peserta didik.
  5. Dalam mensosialisasikan hasil produk inovasi pembelajaran diperlukan langkah-langkah menyadarkan pengguna terhadap pentingnya inovasi terbaru dalam pembelajaran, menarik perhatian/ minat pengguna pada produk inovasi pembelajaran, malaksanakan evaluasi intern dan ekstern, percobaan penggunaan awal (piloting), dan penggunaan produk inovasi secara penuh.
  6. Langkah-langkah pendifusian produk inovasi dapat dilakukan dengan pendesainan presentasi produk inovasi, membangun komunikasi dengan pengguna dengan baik berdasarkan karakteristik inovasi, pelaksanaan evaluasi untuk mengetahui kendala dan keunggulan produk inovasi serta sejauh mana produk inovasi dapat dicoba terapkan dalam pembelajaran sehingga mampu meyakinkan pengguna untuk memutuskan menggunakan strategi terbalik dalam pembelajaran.

refleksioverviewrancanganstrategiterbalikdalampembelajaran


Demikian pemaparan tentang pengembangan inovasi pembelajaran strategi terbalik dalam pembelajaran. Strategi ini sering diterapkan dalam pelatihan-pelatihan, dan kami mencoba menerapkannya di dalam kelas dengan hasil yang relative baik. Mengapa kita tidak mencobanya dan mengembangkannya lebih lanjut. Layak untuk kita lakukan.











         


0 Response to "#004 Rancangan Inovasi Pendidikan “Strategi Terbalik Dalam Pembelajaran”"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel