007 Memahami Karakteristik Siswa Dengan Segala Keberagamannya [Studi Observasi Di Jenjang Sekolah Dasar]

conclusionsandopenproblem


Kesimpulan dan Saran Serta Open Problems
Dari persiapan penelitian, pelaksanaan proses penelitian, dan hasil pengolahan data baik dari instrumen kuesioner dan wawancara terbuka, penulis mencoba memberikan kesimpulan, saran, open problems yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kelanjutan kegiatan-kegiatan penelitian sejenis. 

Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa karakter merupakan suatu hal yang terbentuk secara perlahan-lahan dan membutuhkan waktu yang relatif lama, namun bukan berarti tidak dapat diubah dalam artian menuju karkater-karakter yang positif. Karakter “positif” yang telah menyatu dalam diri dapat dikategorikan sebagai watak.
positivecharacters

Pengaruh-pengaruh baik dari dalam (intern) diri siswa seperti motivasi, kesadaran untuk berubah, semangat, dan banyak hal lagi serta pengaruh-pengaruh dari luar (eksternal) memberikan dampak yang seimbang jika diberikan dengan porsi yang juga seimbang. 

Penting untuk mengusahakan perbaikan-perbaikan berupa peningkatan karakter positif dan eliminasi karakter negatif. 
internalandesternalinfluence

Berdasarkan hasil-hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian mampu meningkatkan karakter-karakter positif dan mengeliminasi karakter-karakter negatif siswa di jenjang Sekolah Dasar. 

Menurut responden dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian dalam meningkatkan karakter positif dan mengeliminasi karakter negatif siswa dengan tingkat ketercapaian 58,33% berhasil, 33,33% masih meragukan keberhasilan penggunaan metode, dan masih ada 8,33% yang menyatakan ketidakberhasilan penggunaan metode.
characterformscharacteristic

Kesimpulan akhir adalah bahwa penerapan metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian telah memberikan hasil awal yang menggembirakan dalam meningkatkan karakter positif dan mengeliminasi karakter negatif siswa. Dengan demikian maka proses tersebut akan tetap dilanjutkan dengan mengakomodasi saran berupa penambahan motivasi kepada siswa sesuai dengan saran-saran responden.
wemustweshould

Saran yang dapat diberikan adalah sebagai pendidik sudah selayaknya meletakkan permasalahan karakter siswanya menjadi hal yang penting. Dengan demikian maka kita akan terpacu dalam memperbaiki atau meningkatkan karakter-karakter positif dan menekan atau mengeliminasi karakter-karakter negatif.

Berbagai macam metode atau taknik dapat dilakukan atau diterapkan untuk keperluan tersebut, salah satunya adalah metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian. Metode tersebut layak untuk diterapkan dalam dimensi waktu dan tempat yang berbeda yang memungkinkan menunjukkan hasil yang berbeda. 
betterinfluence

Perbedaan-perbedaan hasil tersebut akan semakin memperkaya dan memberikan tambahan literasi terkait penyempurnaan metode sehingga akan menjadi semakin valid dan bukan tidak mungkin bisa menambah konsep-konsep kajian. 

Konsep-konsep kajian yang muncul sebagai dampak dari diseminasi tersebut bukan hanya dalam lingkup jenjang Sekolah Dasar, namun mungkin dapat diaplikasikan pada jenjang-jenjang pendidikan lanjutan. 

Demikian postingan yang membahas tentang Memahami Karakteristik Siswa Dengan Segala Keberagamannya [Studi Kualitatif Di Jenjang Sekolah Dasar], semoga memberikan manfaat dan sumbangsih dalam lingkup pendidikan. 

Penulis juga menyampaikan permohonan maaf jika penelitian yang telah dilakukan kurang memenuhi prasyarat penelitian kualitatif.
increasewithsharing

Segala saran dan kritik akan penulis tampung dengan senang hati dan tangan terbuka. Dengan saran dan kritik tersebut semoga akan memberikan masukan untuk kualitas isi konten-konten selanjutnya. Berbagi akan menjadi hal yang menyenangkan dan akan membangun diskusi menuju kemajuan pandidikan yang bermuara pada kemajuan bangsa dan negara. 
openproblems

Open Problems : Banyak metode untuk peningkatan karakter positif dan menekan karakter negatif siswa, kami mengharapkan metode yang saya sampaikan dapat dipertimbangnkan untuk diujicobakan pada waktu dan tempat yang berbeda. Sudahkah kita berperan dalam peningkatan karakter positif dan penekanan karakter negatif siswa, atau bahkan pada diri kita sendiri??. 





                                                 



         


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel