007 Memahami Karakteristik Siswa Dengan Segala Keberagamannya [Studi Observasi Di Jenjang Sekolah Dasar]

Kesimpulan dan Saran Serta Open Problems
Dari persiapan penelitian, pelaksanaan proses penelitian, dan
hasil pengolahan data baik dari instrumen kuesioner dan wawancara terbuka,
penulis mencoba memberikan kesimpulan, saran, open problems yang dapat
dipergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk kelanjutan kegiatan-kegiatan
penelitian sejenis.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa karakter merupakan
suatu hal yang terbentuk secara perlahan-lahan dan membutuhkan waktu yang
relatif lama, namun bukan berarti tidak dapat diubah dalam artian menuju karkater-karakter
yang positif. Karakter “positif” yang telah menyatu dalam diri dapat
dikategorikan sebagai watak.

Pengaruh-pengaruh baik dari dalam (intern) diri siswa seperti
motivasi, kesadaran untuk berubah, semangat, dan banyak hal lagi serta
pengaruh-pengaruh dari luar (eksternal) memberikan dampak yang seimbang jika
diberikan dengan porsi yang juga seimbang.
Penting untuk mengusahakan perbaikan-perbaikan berupa peningkatan karakter positif dan eliminasi karakter negatif.
Penting untuk mengusahakan perbaikan-perbaikan berupa peningkatan karakter positif dan eliminasi karakter negatif.

Berdasarkan hasil-hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
secara umum metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan
penguncian mampu meningkatkan karakter-karakter positif dan mengeliminasi
karakter-karakter negatif siswa di jenjang Sekolah Dasar.
Menurut responden dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa
metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian dalam
meningkatkan karakter positif dan mengeliminasi karakter negatif siswa dengan
tingkat ketercapaian 58,33% berhasil, 33,33% masih meragukan keberhasilan penggunaan
metode, dan masih ada 8,33% yang menyatakan ketidakberhasilan penggunaan
metode.

Kesimpulan akhir adalah bahwa penerapan metode penekanan,
pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian telah memberikan hasil awal
yang menggembirakan dalam meningkatkan karakter positif dan mengeliminasi
karakter negatif siswa. Dengan demikian maka proses tersebut akan tetap
dilanjutkan dengan mengakomodasi saran berupa penambahan motivasi kepada siswa
sesuai dengan saran-saran responden.

Saran yang dapat diberikan adalah sebagai pendidik sudah
selayaknya meletakkan permasalahan karakter siswanya menjadi hal yang penting.
Dengan demikian maka kita akan terpacu dalam memperbaiki atau meningkatkan
karakter-karakter positif dan menekan atau mengeliminasi karakter-karakter
negatif.
Berbagai macam metode atau taknik dapat dilakukan atau diterapkan
untuk keperluan tersebut, salah satunya adalah metode penekanan, pendekatan,
kesepakatan, pengawasan, dan penguncian. Metode tersebut layak untuk diterapkan
dalam dimensi waktu dan tempat yang berbeda yang memungkinkan menunjukkan hasil
yang berbeda.

Perbedaan-perbedaan hasil tersebut akan semakin memperkaya dan
memberikan tambahan literasi terkait penyempurnaan metode sehingga akan menjadi
semakin valid dan bukan tidak mungkin bisa menambah konsep-konsep kajian.
Konsep-konsep kajian yang muncul sebagai dampak dari diseminasi tersebut bukan hanya dalam lingkup jenjang Sekolah Dasar, namun mungkin dapat diaplikasikan pada jenjang-jenjang pendidikan lanjutan.
Konsep-konsep kajian yang muncul sebagai dampak dari diseminasi tersebut bukan hanya dalam lingkup jenjang Sekolah Dasar, namun mungkin dapat diaplikasikan pada jenjang-jenjang pendidikan lanjutan.
Demikian postingan yang membahas tentang Memahami Karakteristik
Siswa Dengan Segala Keberagamannya [Studi Kualitatif Di Jenjang Sekolah Dasar],
semoga memberikan manfaat dan sumbangsih dalam lingkup pendidikan.
Penulis juga menyampaikan permohonan maaf jika penelitian yang telah dilakukan kurang memenuhi prasyarat penelitian kualitatif.
Penulis juga menyampaikan permohonan maaf jika penelitian yang telah dilakukan kurang memenuhi prasyarat penelitian kualitatif.

Segala saran dan kritik akan penulis tampung dengan senang hati
dan tangan terbuka. Dengan saran dan kritik tersebut semoga akan memberikan
masukan untuk kualitas isi konten-konten selanjutnya. Berbagi akan menjadi hal
yang menyenangkan dan akan membangun diskusi menuju kemajuan pandidikan yang
bermuara pada kemajuan bangsa dan negara.

Open Problems : Banyak metode untuk peningkatan karakter positif
dan menekan karakter negatif siswa, kami mengharapkan metode yang saya
sampaikan dapat dipertimbangnkan untuk diujicobakan pada waktu dan tempat yang
berbeda. Sudahkah kita berperan dalam peningkatan karakter positif dan
penekanan karakter negatif siswa, atau bahkan pada diri kita sendiri??.