006 Memahami Karakteristik Siswa Dengan Segala Keberagamannya [Studi Observasi Di Jenjang Sekolah Dasar]

qualitativeresearchresults

Hasil dan Pembahasan Studi Kualitatif
Melanjutkan postingan sebelumnya tentang persiapan penelitian, kali ini akan dibahas tentang hasil dan pembahasan studi kualitatif yang telah dilakukan. Instrumen kuesioner telah disebar dan dilakukan pengisian dengan pesan dari penulis supaya diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya.
fillingoutthequestionnaire

Sepuluh responden yang terdiri dari dewan guru dalam lingkungan sekolah dasar dan tiga orang guru madrasah dan guru mengaji siswa secara lengkap memberikan pendapat atau persepsinya sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang disusun. 

Beberapa guru sekolah dasar dan dua guru madrasah dan guru mengaji memberikan saran-saran. Wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara terbuka dilakukan setelah pengisian kuesioner. 

Selesai sudah pengambilan data dari responden, dan tibalah saatnya penulis mengolah hasil pengambilan datanya. Hasil pengolahan data disampaikan dalam bentuk grafik berikut:
qualitativedataresult

Dari grafik tersebut di atas, dapat disampaikan bahwa pada aspek karakter disiplin mayoritas persepsi guru terhadap karakter siswa adalah berada pada posisi ragu-ragu (50%), sedangkan 16,67% mengarah kepada tidak adanya peningkatan dan 33,33% berada pada posisi terdapat peningkatan. Pada aspek karakter semangat 58,33% setuju; 25% ragu-ragu; dan 16,67% tidak setuju.

Eliminasi karakter negatif total terjadi pada aspek karakter Hormat, Antusias, dan Kasih Sayang, pada ketiga aspek karakter tersebut, semua responden secara menyatakan tidak adanya kemunculan karakter negatif. Aspek karakter Kerapihan dan Tanggung Jawab menunjukkan hasil serupa yakni 8,33% tidak setuju; 50% ragu-ragu; dan 41,67% Setuju terdapat peningkatan.
analysisresearchaspects

Aspek Spontanitas dan Kejujuran menunjukkan hal yang identik, untuk posisi tidak setuju meraih poin 8,33%, sedangkan untuk ragu-ragu muncul 33,33% untuk Spontanitas dan 41,67% untuk Kejujuran; 58,33% dan 50% untuk posisi setuju. 

Terakhir, kemunculan posisi setuju paling besar terdapat pada aspek Persepsi Umum yakni 66,67%, namun sayang ketidaksetujuan juga muncul 16,67% mengiringi keragu-raguan dengan 16,67%.

Hasil akhir menunjukkan bahwa 8,33% responden menyatakan karakter positif siswa tidak meningkat dan 33,33% masih menyatakan ragu-ragu. Sedangkan lebih dari setengah jumlah responden atau 58,33% responden menyatakan terdapat peningkatan karakter positif siswa.
qualitativefinaldata

Saran-saran yang diberikan responden relatif sama berupa pemberian  motivasi, salah satu eorang responden memberikan saran bahwa telah terdapat banyak peningkatan karakter positif dan eliminasi karakter negatif selama kurun waktu sebulan berjalan, dan menambahkan saran supaya lebih diperketat pengawasan secara lebih tegas.

Hasil pengolahan wawancara terbuka dapat dianalisakan bahwa sebagian besar responden masih ragu-ragu atas kemunculan karakter positif yang secara otomatis mampu mengeliminasi karakter negatif pada siswa. 

Keragu-raguan tersebut muncul dengan alasan apakah hal tersebut akan menjadi karakter yang menempel permanen pada diri siswa ataukah hanya sebatas pada periode pelaksanaan metode. Contoh-contoh perbaikan atau kemunculan karakter positif dicontohkan oleh beberapa responden.
guidedinterviews

Pada akhir wawancara, mayoritas responden menyatakan setuju atas pelaksanaan metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian sebagai salah satu metode efektif untuk meningkatkan karakter positif dan mengeliminasi karakter negatif siswa.

Hanya sedikit responden yang menyatakan kurang mendukung pelaksanaan metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian, dan hal ini boleh saja terjadi sebagai pandangan pribadi responden. 

Setiap individu memiliki karakter yang sudah terkunci pada diri masing-masing menjadi alasan responden yang tidak memberikan respek pada metode yang digunakan.
advicesandrecommendationsresearch

Demikian hasil pengolahan data dan pembahasan studi kualitatif yang telah penulis lakukan dengan topik meningkatkan karakter positif dan mengeliminasi karakter negatif dengan metode penekanan, pendekatan, kesepakatan, pengawasan, dan penguncian.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada siswa-siswi yang secara sukarela melaksanakan proses dan juga kepada responden yang telah memberikan pendapatnya baik pendapat positif ataupun pendapat negatif. 

Berikutnya adalah tentang kesimpulan, saran, dan open problems, silahkan lanjutkan membaca halaman berikutnya.






                



            


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel