[01] Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Dunia Pendidikan (Website Sekolah)






































The information and communication technology has influenced all aspects of human life greatly. The education aspect also influenced of the information and communication technology. How's about our education process and progress?
Tidak dapat kita pungkiri, bahwa kemajuan teknologi tidak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Dunia pendidikan juga tidak luput dari pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Bagaimana pengaruh-pengaruh teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Penulis mencoba memberikan analisisnya sebagai berikut. 
Beberapa analisa akan dipaparkan mengenai pemanfaatan/ penggunaan teknologi informasi komunikasi dalam lingkungan dunia pendidikan yang pada era saat ini sudah sangat diperlukan dalam mendukung peningkatan produk pendidikan. Efek domino mungkin akan terjadi karena dengan pendidikan maka secara otomatis juga akan berdampak dalam memajukan teknologi.

Interaksi Tugas dan Siswa Melalui Internet 
Pemberian tugas/ pekerjaan tambahan kepada siswa dilakukan melalui internet dengan menggunakan berbagai aplikasi online merupakan suatu bagian dari inovasi dalam bidang pendidikan. Kagiatan tersebut dapat dikategorikan sebagai inovasi karena hal tersebut masuk dalam kategori baru, walaupun di beberapa lembaga telah lama menggunakan dan memanfaatkan media ini. 
Berdasarkan Buku berjudul Inovasi Pendidikan, karangan Udin Syaefudin Sa’ud, Ph.D. menyebutkan bahwa inovasi adalah ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang, baik berupa discovery (sudah ada namun belum dikenal oleh orang atau sekelompok orang). 
Penggunaan metode interaksi tugas tambahan dengan siswa melalui internet dan atau dengan website sekolah bagi sebagian sekolah adalah hal baru dan benar-benar baru. Walaupun pada umumnya internet sudah sangat dikenal masyarakat akhir-akhir ini, namun pemberlakuan metode interaksi tugas tambahan dengan siswa melalui internet dengan website sekolah adalah hal baru bagi beberapa komunitas, sehingga menurut saya layak disebut dengan Inovasi. 
Alasan lainnya mengapa pemberian tugas dan pengembalian hasil pekerjaan tugas oleh siswa dilakukan melalui internet dengan menggunakan sarana website sekolah bisa dikatakan inovasi adalah karena sarana internet adalah sarana yang bagi sebagian daerah adalah merupakan hal yang “wah”, sebagai hasil dari kemajuan teknologi dimana pada tahun-tahun sekitar 90-an masih belum banyak mengenal internet. 
Terdapat tiga aspek inovasi yakni berupa aspek manfaat, aspek kesesuaian, aspek kerumitan, dan aspek trialibitity (dapat dicoba). Pada pembahasan ini, penulis sampaikan analisa-analisa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan keempat aspek tersebut, sebagai berikut. 

Aspek Manfaat 
Dengan adanya interaksi tugas tambahan dengan siswa melalui media internet (website sekolah), maka manfaat yang dapat diperoleh adalah : 
  • Kegiatan belajar mengajar akan mendapatkan porsi lebih banyak dengan adanya tambahan sarana pemberian tugas dan pengembalian hasil tugas melalui internet. Beberapa hal terkait materi yang tidak dapat disampaikan bahkan tugas-tugas dapat dilanjutkan dengan media internet. 
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan, memperoleh, dan mengolah sumber belajar selain dari guru dan buku pelajaran, yakni sumber berupa internet. Pemerolehan pengetahuan dari berbagai sumber akan memberikan manfaat semakin luasnya pemahaman siswa atas materi. 
  • Memberikan atau membuka keterbatasan ruang dan waktu dalam proses belajar mengajar bukan saja hanya di kelas waktu jam pelajaran, namun dapat dilanjutkan dengan bantuan sarana internet. Hal ini memungkinkan peningkatan keterampilan siswa dalam hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. 

  • Mampu meningkatkan kinerja dari pendidik sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa. Dengan adanya interaksi tugas tambahan dengan siswa, maka pendidik harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaannya, sehingga kinerja pendidik akan semakin meningkat. 
  • Peningkatan taraf pendidikan akan lebih cepat setelah kinerja pendidik dan prestasi siswa dapat dicapai. Kedua hal tersebut merupakan bagian dari efek pengiring pemberlakuan interaksi tugas tambahan melalui internet. 
Selain manfaat-manfaat tersebut di atas, terkait dengan penggunaan internet dalam sistem informasi akademik, maka akan membuka transparansi dan akuntabilitas sekolah terkait. Potensi, prestasi siswa, prestasi pendidik, prestasi sekolah akan lebih dikenal masyarakat luas. 
Untuk aspek kesesuaian, kerumitan, dan triability dapat dilanjukan membaca pada halaman berikutnya. 



                                                              


      

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel