008 “Berani” Memulai dan Melakukan Penelitian “Pendidikan”

basiceducationberanimemulaidanmelakukanpenelitianpendidikan

Memulai Melakukan Penelitian Pendidikan
Penelitian pendidikan adalah cara ilmiah dalam dunia pendidikan untuk mendapatkan, mengolah dan mempresentasikan hasil pengolahan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu serta dilakukan, diolah, dan ditampilkan hasil pengolahan datanya dalam ruang lingkup dunia pendidikan. 

Dengan pelaksanaan penelitian pendidikan, maka masalah-masalah yang berhubungan dengan dunia pendidikan akan mendapatkan jawaban dengan prinsip penalaran yang jelas, rasional, logis dan didukung dari data fakta empiris yang sedang dihadapi suatu lembaga pendidikan. 

Sebagai contoh adanya kasus menurunnya prestasi belajar siswa, setelah dilakukan penelitian pendidikan dengan menggunakan prinsip logis, rasional, sistematis dan sesuai dengan fakta empiris (turunnya prestasi belajar siswa) maka akan terkuaklah hal-hal yang menjadi penyebab turunnya prestasi siswa dan tersedianya alternatif pemecahan masalah yang ditawarkan oleh hasil penelitian.

Penelitian dipandang sangat perlu untuk dilakukan karena dengan penelitian dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya :
  • Sebagai bahan masukan untuk perbaikan dan pengembangan sesuai dengan lingkup penelitian, meningkatkan mutu isi, proses, dan hasil dalam lingkup penelitian.
  • Membantu mengatasi masalah-masalah yang timbul yang sangat membantu perbaikan dalam permasalahan dengan tingkat akurasi tinggi karena dilakukan dengan prinsip-prinsip logis, rasional, sistematis dan berdasarkan fakta empiris yang benar-benar sebagai bentuk dari permasalahannya. 
Sebagai contoh jika dalam sebuah lembaga pendidikan terdapat permasalahan yang terjadi, maka dengan dilakukan penelitian atas permasalahan tersebut dengan memperhatikan prinsip-prinsip penelitian ilmiah akan mampu memberikan jawaban yang mendekati kebenaran atas permasalahan yang timbul sehingga mampu memperbaiki bahkan meningkatkan hal-hal yang menjadi masalah menjadi hal-hal yang bernilai positif dalam perjalanan suatu lembaga.
ilustrasiberanimemulaidanmelakukanpenelitianpendidikan


Namun, kadangkala banyak diantara kita yang belum mau memulai melakukan penelitian pendidikan sederhana di lingkungan kelas sendiri, padahal banyak hal yang dapat kita lakukan terkait penelitian pendidikan di lingkungan terdekat kita tersebut. Bagaimana memulai langkah dalam melakukan penelitian, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 
  1. Identifikasi masalah, pada tahap ini ditentukan layak/ penting atau tidaknya masalah yang akan diteliti, bisa ditinjau dari kesenjangan yang muncul dan diberikan justifikasi memilih salah satu maslaah yang dianggap paling mendesak. Pada tahap ini pula dilakukan pembatasan subyek, fokus masalah terhadap aspek tertentu yang hendak dilakukan penelitian.
  2. Tinjauan teoritik dan kajian pustaka (literatur), dalam tahap ini berfungsi sebagai pendukung data-data penelitan dan dapat dilakukan pencarian sumber-sumber yang mendukung pelaksanaan penelitian baik dari jurnal, buku untuk menunjang pelaksanaan penelitian.
  3. Perumusan masalah, pada fase ini akan menghasilkan produk pembatasan masalah dan pertanyaan fokus penelitian yang akan dituangkan ke dalam hipotesis penelitian. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahapan ini adalah fokus utama studi, peserta penelitian, lokasi, cakupan, yang kemudian dipersempit dan akhirnya penelitian bisa difokuskan sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan tepat.
  4. Pengumpulan data, pada tahapan ini dilakukan pengumpulan data sesuai dengan yang telah direncanakam, hal yang penting pada fase ini adalah data akurat yang dikumpulkan dari obyek penelitian berupa angka (skor tes/tanggapan) akan mempengaruhi hasil penelitian. Inti dari tahapan ini adalah pelaksanaan prosedur pengumpulan data dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan.
  5. Penyajian, analisis dan menafsirkan data, setelah fase pengumpulan data, maka segera dilakukan penyajian, analisa, dan tafsiran data serta diakhiri dengan menarik kesimpulan sesuai dengan pendekatan metode yang telah kita pilih dan rencanakan sebelumnya. Penyajian data bisa dilakukan dengan menggunakan tabel, angka-angka maupun dalam bentuk tabel.
  6. Pelaporan/ Evaluasi penelitian yang akan dituangkan ke format leporan penelitian, langkah terakhir dalam pelaksanaan penelitian adalah penulisan laporan sesuai dengan penataan dan format pelaporan yang valid yang nantinya hasil laporan akan didistribusikan ke audien yang berkepentingan terhadap penelitian).
Jika langkah-langkah tersebut di atas dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan dengan memperhatikan prinsip logis, rasional, sistematis dan didasarkan pada fakta empiris yang terjadi, maka dengan sendirinya hasil dari penelitian akan mendekati kebenaran dan memiliki nilai validitas yang tinggi. 



Lanjutkan membaca mengenai mengenal lebih jauh terkait Prinsip-Prinsip Penelitian Pendidikan.


Prinsip-Prinsip Penelitian “Pendidikan”





                                                

         


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel