009 “Berani” Memulai dan Melakukan Penelitian “Pendidikan”

basiceducationberanimemulaidanmelakukanpenelitianpendidikan

Prinsip-Prinsip Penelitian “Pendidikan”
Setelah mendapatkan gambaran atas penelitian pendidikan pada lingkungan terdekat (kelas) kita, maka dimohon untuk memahami prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan penelitian. 

Prinsip-prinsip tersebut adalah hal-hal yang harus dipegang teguh untuk dilaksanakan sehingga hasil penelitian lebih bernilai mendekati kebenaran dan memiliki nilai validitas yang tinggi. Prinsip-prinsip penelitian diantaranya :
  1. Sistematis; prinsip sistematis mengandung makna bahwa penelitian yang dilakukan harus dilaksanakan menurut pola-pola tertentu sesuai dengan pendekatan yang telah dipilih peneliti dengan mempertimbangkan dan mengidentifikasi permasalahan yang akan dilakukan penelitian. Dalam hal ini pola sistematis mambahas hal-hal yang paling sederhana menuju pembahasan hal-hal yang bersifat komplek sehingga tujuan penelitian dapat tercapai secara efektif dan efisien. Sebagai contoh penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif maka harus menggunakan pola-pola yang ada dalam pendekatan kuantitatif, pembahasan yang dilakukan diawali dari yang sederhana menuju hal-hal yang rumit dan kompleks dengan tujuan hasil penelitiannya dapat tercapai secara efektif dan efisien.
  2. Terencana; dalam pelaksanaan penelitian prinsip berencana menjadi hal yang penting untuk diperhitungkan karena dalam pelaksanaannya sebuah penelitian yang dilakukan dengan perencanaan yang lengkap dan terprogram akan menghasilkan hasil yang baik dan adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penelitiannya akan dapat segera diatasi karena memiliki perencanaan yang tepat dan mendalam.
  3. Mengikuti konsep ilmiah; arti dari mengikuti konsep ilmiah adalah pelaksanaan penelitian yang dilakukan mulai dari awal sampai akhir kegiatan mengikuti cara-cara yang sesuai dengan konsep-konsep ilmiah yang telah menjadi batasan-batasan dalam pelaksanaan penelitian yaitu logis, rasional, sistematis dan berdasarkan kepada fakta empiris yang ada.
prinsipprinsipberanimemulaidanmelakukanpenelitianpendidikan

Konsep atau metode Ilmiah yang dimaksud dalam poin 3 tersebut adalah cara-cara ilmiah yang dipakai untuk mendapatkan data –data penelitian dengan tujuan atau kegunaan tertentu. Pelaksanaan metode ilmiah harus berdasarkan kepada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris dan sistematis.
  1. Rasional; kegiatan penelitian harus dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga dapat dijangkau dan dipahami oleh nalar dari semua yang berkepentingan terhadap pelaksanaan penelitian. Sebagai contoh sebuah penelitian harus mengangkat hal-hal yang bersifat rasional adalah dalam sebuah lembaga pendidikan terdapat masalah motivasi belajar siswa menurun, maka hasil penelitian yang rasional atas permasalah tersebut adalah dengan menawarkan solusi-solusi yang masuk akal seperti pemenuhan kelengkapan fasilitas belajar, mengundang tokoh-tokoh agama untuk memberikan ceramah. Tidak rasional misalkan hasil penelitian memberikan solusi untuk mendatangkan dukun untuk memberi “syarat” atau pemberian jimat kepada siswa.
  2. Empiris; cara-cara yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian harus dapat diamati oleh indera manusia, sesuai dan tidak menyalahi hal-hal yang terjadi di masyarakat dan merupakan sesuatu yang dipandang sebagai kebenaran umum. Contohnya adalah penelitian harus mengambil permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi dan penting (mendesak) untuk dicari solusi dari permasalahan, jangan melakukan penelitian terhadap masalah-masalah yang bukan menjadi masalah yang dipentingkan, jangan-jangan justru hasil penelitian seperti ini akan menggangu hal-hal yang sudah baik dan bukan merupakan suatu masalah.
  3. Sistematik; proses yang digunakan dalam penelitian harus menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis sehingga mampu menghasilkan hasil penelitian yang benar-benar valid. Sebagai contoh adalah pelaksanaan penelitian harus dilakukan dengan pola/tahapan yang sistematik dan dilakukan berurutan sesuai dengan yang telah direncanakan, sehingga hasil dari penelitian akan lebih mendekati kebenaran dan memiliki validitas tinggi.
ilustrasi2beranimemulaidanmelakukanpenelitianpendidikan

Bagaimana rekan-rekan semua, apakah sudah lebih mendapatkan gambaran atau justru malah menjadi bingung. Tenang saja, lanjutkan dahulu membacanya pada kelanjutan topik Pemikiran Deduktif dan Induktif dalam Penelitian Pendidikan.


Makna dan Penerapan dalam Contoh Cara Berpikir Deduktif dan Induktif dalam Penelitian





                                                     




https://www.hiv-treatment.me/2019/08/01-berani-memulai-dan-melakukan.html         


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel