[02] Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Dunia Pendidikan (Website Sekolah)






































Aspek Kesesuaian, Kerumitan, dan Triabilitas

Aspek Kesesuaian/ Kompatibel
Penggunaan sarana internet dalam mendukung proses belajar mengajar dan sistem informasi akademik mutlak harus dipergunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan.
Dengan keterbatasan sumber belajar yang dimiliki oleh lembaga pendidikan, maka dengan bantuan sarana internet, maka segala hal yang dibutuhkan oleh pendidik maupun siswa tersedia dalam internet. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka hal ini sesuai, selaras, dan kompetibel untuk diberlakukan dalam lembaga-lembaga pendidikan.
Koordinasi dan komunikasi antar pendidik maupun dengan siswa akan lebih intens dilakukan dengan bantuan sarana internet karena tidak terbatasi oleh ruang dan waktu kelas dan jam pembelajaran. Banyak hal akan didapatkan baik oleh pendidik maupun siswa terkait dengan yang dibutuhkan dalam belajar dan mengajar akan terpenuhi dengan adanya internet yang nantinya berakhir pada muara peningkatan taraf pendidikan dan tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Aspek Kerumitan
Kerumitan/ kompleksitas dalam penggunaan internet bisa dikatakan sebagai kendala dalam inovasi pendidikan. Namun jika diawali dengan niat tulus dari semua komponen pendukung lembaga pendidikan terkait, hal ini bukanlah menjadi persoalan atau kendala yang serius untuk dicarikan jalan keluarnya.
Dibutuhkan sedikit pemikiran dan tenaga ekstra baik dari kepala sekolah, pendidik, siswa, maupun tenaga administrasi pengelola website sekolah dalam mempersiapkan terbangunnya website sekolah yang menaungi proses belajar mengajar dan sistem informasi akademik.
Keseriusan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program website sekolah dan dengan komintmen dari semua komponen pendukung lembaga pendidikan serta kerjasama yang saling bersinergi di samping dukungan dan program pemerintah yang akhir-akhir ini gencar dalam program-program online (internet) akan memberikan jalan keluar terbaik. 

Aspek Trialibility (Dapat Dicoba)
Internet bukanlah suatu sarana yang memiliki standar yang bisa diibaratkan sekali gagal harus dibuang seperti kertas kerja yang diproses oleh mesin ketik manual, namun internet adalah sarana yang dapat dilakukan proses berulang-ulang, jika terjadi kesalahan dalam suatu proses berjalan, maka dapat direset pada titik awal maupun pada titik-titik tertentu.
Dengan pemenuhan infrastruktur pendukung untuk internet, maka akan mampu bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama dengan syarat dilakukan pemeliharaan yang konsisten, berstandar dan rutin. Sehingga trial–error berkali kali pun akan tetap dapat direset dan dipergunakan kembali.
Pada praktek proses pembelajaran dengan sarana internet, beberapa program yang dirasakan kurang tepat untuk diberlakukan dan tidak mendukung peningkatan hasil belajar siswa dapat kita perbaiki bahkan kita buang. Sedangkan program-program pembelajaran yang sudah baik dapat kita lanjutkan. Dengan demikian, jika telah berjalan dalam beberapa tahapan (tahun) maka akan semakin baik pada tahap pelaksanaannya.
Pada sistem informasi akademik juga tidak jauh beda dengan proses pembelajaran. Informasi-informasi baru dapat ditambahkan sesuai dengan keadaan nyata lembaga dan informasi-informasi yang sudah lama masih dapat kita lihat riwayatnya. Hal ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pemangku kepentingan lembaga pendidikan terkait dengan pengambilan keputusan-keputusan yang baik, tepat, dan menguntungkan bagi keberhasilan pengelolaan lembaga pendidikan.
Dengan terpenuhinya empat (4) aspek/ karakteristik internet tersebut di atas, maka semakin mantap kita simpulkan bahwa penggunaan internet sangat layak untuk disebut Inovasi dalam pendidikan dan juga layak untuk dilaksanakan (diberlakukan) dalam lembaga-lembaga pendidikan.
Lalu, bagaimana memulai dan memelihara program interaksi tugas tambahan dengan siswa melalui internet. Mari kita lanjutkan membaca pada halaman berikutnya. 




                                                              


      

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel