[03] Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Dunia Pendidikan (Website Sekolah)






































Memulai dan Menjamin Keberlanjutan Program 
Jika sebuah institusi pendidikan berkeinginan untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, maka tanggung jawab utama ada di kepala sekolah dengan dibantu oleh guru dan semua komponen pendukung lembaga pendidikan terkait. Keberlanjutan inovasi tersebut akan tetap terlaksana dan tetap memberikan manfaat pada proses pembelajaran dengan beberapa tindakan dan kebijakan kepala sekolah sebagai berikut : 

Tahap Perencanaan 
Pada tahap perencanaan maka menjadi tugas kepala sekolah untuk memperhatikan beberapa payung hukum terkait inovasi tersebut. Penggalian informasi terkait pelaksanaan rencana kepada jenjang pemangku kebijakan di atas lembaga sekolah mutlak dilakukan. 
Terkait pendanaan, selain diusahakan dengan pihak ketiga dapat juga dilakukan dengan berkoordinasi dengan komite sekolah bersama dengan orang tua/ wali siswa terkait pendanaan dan pembiayaan. Jika telah tercapai kata sepakat, maka selanjutnya adalah memilih/ menunjuk tenaga ahli dalam bidang IT bisa dari unsur intern lembaga pendidikan ataupun unsur luar dalam hal pengadaan sarana (infrastruktur) komputer dan jaringan internet sampai pada pembangunan website sekolah sesuai dengan yang direncanakan. Usahakan benar-benar menunjuk tenaga ahli yang memiliki kompetensi dalam bidang komputer dan jaringan internet. 
Bersamaan dengan proses penyiapan komputer dan jaringan serta pembangunan website sekolah, diperlukan juga pelatihan-pelatihan dan atau sosialisasi-sosialisasi terkait penggunaan website sekolah baik untuk menunjang proses pembelajaran maupun yang menunjang sistem informasi akademik, sehingga pada saatnya nanti komputer, jaringan, dan website sekolah sudah terbangun, maka tinggal dilaksanakan sesuai dengan bidang masing-masing. 

Tahap Pelaksanaan 
Pada tahap pelaksanaan, dimana sarana pendukung sudah siap, sumber daya manusia (guru, tenaga administrasi pengelola website sekolah dan seluruh komponen pendukung) sudah siap, maka kepala sekolah masih harus memantau proses pembelajaran dan proses sistem informasi akademik dalam hal pengoptimalan penggunaan dan pelaksanaan website sekolah. 

Tahap Supervisi Proses 
Pada tahap supervisi proses ini, peran kepala sekolah dengan temuan-temuan yang didapatkan selama pamantauan pada tahap pelaksanaan adalah menjadi hal yang sangat penting. 
Beberapa rekomendasi jangka pendek harus diberikan baik kepada guru, siswa, maupun komponen pendukung lainnya. 
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja dalam rangka pengoptimalan pelaksanaan pembelajaran dan sistem informasi akademik dengan sarana yang telah tersedia. 

Tahap Evaluasi Menyeluruh 
Tahapan ini dilakukan oleh kepala sekolah dengan melibatkan guru dan seluruh komponen pendukung proses pembelajaran dan sistem informasi akademik dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan sistem informasi akademik dengan menggunakan website sekolah. 
Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab lembaga sekolah terhadap orang tua/ wali siswa atau pihak-pihak lain terkait pengelolaan pendanaan dan pembiayaan yang direncanakan dan dilaksanakan pada tahap perencanaan 
Jika memang dalam evaluasi menyeluruh ini perlu ditambah sarana, maka akan direncanakan lebih lanjut. Namun jika penggunaan kurang optimal, maka harus dicarikan jalan keluar untuk pengoptimalan pelaksanaan proses pembelajaran dan sistem informasi akademik terkait website sekolahan. Jika sarana pendukung sudah perlu dilakukan peremajaan, maka hendaknya segera direncanakan untuk dilakukan peremajaan dengan penggantian (upgrade) komputer dan jaringan internet sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan. 
Dan terakhir, tahap evaluasi menyeluruh juga dapat dijadikan momen untuk menganalisa peningkatan-peningkatan taraf pendidikan lembaga terkait dengan pemberlakuan internet (website sekolah) dalam proses pembelajaran dan sistem informasi akademik. 

Demikian pemaparan mengenai Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Dunia Pendidikan (Website Sekolah) yang penulis sampaikan. Semoga dapat memberikan sedikit manfaat demi memajukan dunia pendidikan.




                                                              


      

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel