#016 Karakteristik Implementasi Teori Belajar Behavioristik

basiceducationimplementasiteoribelajarbehaviorisme

Contoh Pembelajaran Behavioristik Di Kelas 

Pada pembahasan contoh pembelajaran di kelas yang pernah saya laksanakan dikelas, saya ambil dari pengalaman pribadi saya ketika memberikan pembelajaran kepada kelas 4 semester 1 tahun pelajaran 2016/ 2017 dengan jumlah anggota rombel 10 siswa. 

Pembelajaran saya laksanakan pada hari selasa tanggal 11 Oktober 2016 dan kebetulan sekolah saya sudah menerapkan kurikulum 2013, dengan demikian pembelajaran yang saya laksanakan dengan menggunakan pendekatan tematik. 

Tema 4 (Berbagai Pekerjaan) Sub Tema 1 (Jenis-Jenis Pekerjaan) Pembelajaran 2. Pada tema tersebut terdapat 3 muatan pembelajaran yaitu Matematika dengan materi luas persegi, PPKn dengan materi mengenal simbol dan makna sila pertama Pancasila, dan SBdP dengan materi menggambar 3 dimensi (rumah idaman).

Perencanaan pembelajaran telah saya persiapkan pada malam harinya yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan saya lengkapi dengan beberapa dokumen pendukung berupa presentasi luas persegi, presentasi simbol Pancasila dipadu dengan lagu Garuda Pancasila, puzzle Pancasila dengan contoh gambar rumah idaman di bagian belakang puzzle, dan pin positif serta pin negatif. 

Rencana pelaksanaan pembelajaran telah saya susun sedemikian rupa dengan menyesuaikan dengan waktu penyampaian pembelajaran yaitu 6 x 35 menit, karena pada 2 jam terakhir pada hari selasa adalah diisi dengan mata pelajaran Bahasa Madura. 

Namun dalam pelaksanannya rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah tersusun rapi hanya sekitar 80% saja yang terealisasikan, sisa 20% terpakai untuk beberapa pengulangan dan penguatan tiap sesi muatan pembelajaran. 



Jalannya pembelajaran pada hari itu saya sampaikan dalam bentuk poin sebagai berikut : 
Pendahuluan 
  • Pengecekan kesiapan belajar dengan absensi, kerapihan, dan posisi tempat duduk siswa 
  • Menginformasiakan rencana pembelajaran secara umum pada hari itu. 
  • Penyampaian tahapan-tahapan materi pada masing-masing muatan (luas persegi, simbol dan makna sila pertama Pancasila, dan menggambar 3 dimensi) 
Inti Pembelajaran 
  • Siswa mengamati tampilan presentasi tentang konsep luas persegi 
  • Penjelasan tentang konsep luas persegi, dilanjutkan dengan pemberian contoh pengerjaan soal (catatan : contoh pengerjaan soal saya ulangi sampai 3 kali karena saya lihat beberapa siswa masih ada yang kelihatan bingung) 
  • Pemberian tugas pengerjaan soal yang angka-angkanya tidak jauh berbeda dengan contoh 
  • Evaluasi dalam proses hasil pengerjaan siswa, siswa yang sudah benar diberikan pin positif, siswa yang masih salah diberikan pin negatif (catatan : siswa yang salah tidak melaksanakan langkah-langkah pengerjaan sesuai contoh, kepada mereka saya berikan penguatan jika mengerjakan jangan sampai meninggalkan/mengabaikan satu langkah sekalipun) 
  • Penjelasan ulang tentang konsep dan contoh pengerjaan 
  • Pemberian tugas lanjutan, siswa dengan pin – diberikan soal yang sama, sedangkan siswa dengan pin + diberikan soal dengan angka yang lebih besar 
  • Evaluasi bersama 
  • Meminta siswa yang mengerjakan benar dengan waktu paling singkat untuk memberikan penjelasan cara mengerjakan di depan kelas 
  • Jeda Istirahat 
  • Menyanyikan lagu Garuda Pancasila 
  • Pengamatan pada gambar simbol-simbol sila Pancasila 
  • Siswa menyelesaikan puzzle Pancasila 
  • Penjelasan tentang simbol dan makna pengamalan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari 
  • Siswa menyelesaikan tugas menyusun puzzle Pancasila 
  • Setelah puzzle Pancasila tersusun dengan benar, maka akan terbentuk contoh gambar 3 dimensi (gambar rumah idaman) 
  • Siswa dijelaskan tentang menggambar 3 dimensi (model, proporsi, komposisi, perspektif, dan gelap terang) 
  • Siswa diberikan media kertas untuk menggambar rumah idaman sesuai impian masing-masing siswa 
contohpembelajarandikelasimplementasiteoribelajarbehaviorisme

Penutup 
  • Penguatan tentang konsep luas, simbol dan makna sila pertama Pancasila, dan konsep menggambar 3 dimensi. 
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan apa yang telah mereka dapatkan dari pembelajaran hari itu. 
Itulah pengalaman saya pribadi dalam pelaksanaan pembelajaran yang akan saya analisa sendiri dipandang dari teori belajar Behavioristik pada poin C bab pembahasan ini. 













    


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel