#019 Pengembangan Model Pembelajaran Terintegrasi Tipe “Webbed”

basiceducationanalisaKDdanIndikatorpembelajaranWebbed

Analisa Kompetensi Dasar dan Pengembangan Indikator Pembelajaran

Muatan Pembelajaran Matematika
Kompetensi Dasar :
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dan akar pangkat dua.

materimatematikaanalisaKDdanIndikatorpembelajaranWebbed

Dari kompetensi dasar tersebut, pengembangan indikator pada setiap kompetensi dasarnya adalah :
Indikator Pembelajaran :
3.9.1 Siswa mampu menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkret dangan benar.
4.9.1 Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang luas persegi dengan benar.

Muatan Pembelajaran PPKn
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari kompetensi dasar tersebut, pengembangan indikator pada setiap kompetensi dasarnya adalah :

Indikator Pembelajaran :
3.1.1 Siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila pertama Pancasila dengan benar.
4.1.1 Siswa mampu memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Muatan Pembelajaran SBdP
Kompetensi Dasar :
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi.

Dari kompetensi dasar tersebut, pengembangan indikator pada setiap kompetensi dasarnya adalah :

Indikator Pembelajaran :

materiSBDPanalisaKDdanIndikatorpembelajaranWebbed

3.1.1 Siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci.
4.1.1 Siswa mampu menggambar bangunan atau rumah impian sangat sederhana dengan kreatif.

Dari hasil pengembangan indikator pembelajaran yang dikembangkan dari kompetensi dasar, maka setelah pembelajaran selesai dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran terintegrasi tipe Webbed, maka siswa diharapkan mampu/ menguasai kompetensi yang diukur dengan indikator masing-masing muatan pembelajaran.

Pada muatan pembelajaran Matematika, siswa mampu menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkret dangan benar dan menyelesaikan masalah tentang luas persegi dengan benar.

Sedangkan pada muatan pembelajaran PPKn, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila pertama Pancasila dengan benar dan memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Pada muatan pembelajaran SBdP, siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci dan mampu menggambar bangunan atau rumah impian sangat sederhana dengan kreatif.

Setelah analisa kompetensi dasar dan indicator telah rampung dilaksanakan, maka kita lanjutkan dengan analisa materi untuk pencapaian kompetensi. 

Analisa Materi untuk Pencapaian Kompetensi
Berdasarkan kompetensi dasar dan pengembangan indikator tersebut di atas, maka analisa materi pembelajaran yang mendukung pada pelaksanaan pembelajaran dengan tujuan mencapai kompetensi yang diukur dengan menggunakan indikator pembelajarannya adalah sebagai berikut :
  • Materi Luas Persegi untuk muatan pembelajaran Matematika.
  • Materi Simbol, Makna, dan contoh pengamalan Sila Pertama Pancasila untuk muatan pembelajaran PPKn.
  • Materi Menggambar Bangunan Rumah Impian sangat sederhana untuk muatan pembelajaran SBdP.
tujuanpembelajarananalisaKDdanIndikatorpembelajaranWebbed

Analisa kompetensi dasar, indikator, dan analisa materi untuk pencapaian kompetensi telah selesai dibuat. Untuk selanjutnya adalah kita lakukan analisa karakteristik peserta didik. 

Pada analisa karakteristik peserta didik ini yang menjadi pedoman adalah bahwa guru kelas lah yang paling mengerti karakteristik peserta didik dalam kelasnya masing-masing.

Analisa karakteristik memiliki beberapa sub bagian yang harus kita perhatikan, diantaranya adalah analisa kemampuan belajar mandiri, belajar dalam tim, serta belajar dalam konsep klasikal. 

Baiklah, penulis mencoba memberikan atau menyampaikan analisa karakteristik peserta didik sesuai dengan keadaan peserta didik yang diampu oleh penulis. 

Rekan-rekan bisa saja menerapkan analisa yang berbeda karena memang pada setiap kelas akan muncul karakteristik peserta didik yang berbeda. 













                  


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel