#020 Pengembangan Model Pembelajaran Terintegrasi Tipe “Webbed”

basiceducationpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Analisa Karakteristik Peserta Didik
Pada analisa karakteristik peserta didik ini sangat dipengaruhi oleh kesiapan peserta didik dalam menerima materi dan melaksanakan pembelajaran. 

Akan sangat bagus hasil yang akan dicapai jika analisa karakteristik peserta didik ini dilakukan oleh guru kelas pada kelas bersangkutan.

Karena pembelajaran direncanakan untuk dilaksanakan di kelas 4 jenjang sekolah dasar, maka beberapa karakteristik umum peserta didiknya adalah menyukai hal-hal baru yang dapat kita arahkan kepada kegiatan eksplorasi, pengamatan, diskusi dalam kelompok, kemungkinan bekerja secara individual dapat kita lakukan.

analisakarakteristikpesertadidikpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Namun hati-hati dalam melaksanakan hal-hal terkait karakteristik peserta didik di atas, cakupan materi yang kita integrasikan dalam tema/ topik kajian.

Jangan terlalu luas dan diusahakan masih terjangkau dalam daya penalaran peserta didik, sehingga pelaksanaan pembelajaran benar-benar akan berjalan lancar dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada kasus ini, setelah dilakukan analisa karakteristik peserta didik, maka jika kita hubungkan dengan materi pembelajaran, maka dapat kita susun tujuan pembelajaran beserta langkah taktis dalam mencapainya sebagai berikut :
  1. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkret dengan benar.
  2. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah tentang luas persegi dengan benar.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci.
  4. Setelah mengamati gambar, siswa mampu menggambar bangunan atau rumah impian dengan kreatif.
  5. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila pertama Pancasila dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa mempu memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Selesai sudah analisa karakteristik peserta didik, selanjutnya dapat kita lakukan penetapan strategi penyajian yang didalamnya memuat berbagai hal tentang skenario pelaksanaan proses pembelajaran. 

Penetapan Strategi Penyajian (Metode Pembelajaran)
Berdasarkan analisa kompetensi dasar, pengembangan indikator pencapaian pembelajaran, materi, dan karakteristik peserta didik maka dapat kita tentukan jenis strategi penyajian materi yang terangkum dalam metode pembelajaran.

strategipenyajianpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Pada kasus ini yang muatan materinya relatif padat, dan karakteristik peserta didik yang menyukai hal-hal kongkret, mampu untuk dicoba untuk bereksplorasi, mengamati, berdiskusi, dan juga bekerja individual, maka metode pembelajaran yang sekiranya sesuai adalah dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan metode Penemuan Terbimbing (rumus luas persegi), Ceramah (umum), diskusi (pengamalan sila pertama Pancasila), dan penugasan secara umum.

Demikian yang dapat penulis sampaikan pada bagian penetapan strategi penyajian. Penulis menyajikan hal tersebut karena penulis rasakan bahwa kelas yang penulis ampu dapat dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan strategi seperti yang telah disajikan tersebut. 

Analisa Sumber Belajar 
Analisa sumber belajar memuat integrasi sumber belajar yang baku dan yang tidak baku, dalam artian buku guru dan buku siswa serta buku-buku lainnya. 

Dapat digunakan buku-buku penunjang dan alat/ sumber pendukung lainnya untuk memperkaya literasi sumber belajar selama masih terdapat korelasinya dengan materi yang akan disampaikan.

analisasumberbelajarpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Pada tahapan analisa sumber belajar, untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran sesuai kasus ini dan mendapatkan hasil maksimal dalam tahap evaluasi hasil pembelajaran, maka selain handbook (buku guru Tema 4, Sub Tema 1, Pembelajaran 2, hal 14 – 24, Anggi St. Anggari dan buku siswa Tema 4, Sub Tema 1, Pembelajaran 2, hal 13 – 20, Anggi St. Anggari), maka dibutuhkan beberapa sumber belajar pendukung lainnya.

Sumber belajar pendukung lainnya yang relevan dan mendukung pencapaian hasil maksimal dari pembelajaran tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Komputer
  • LCD Proyektor
  • File lagu Garuda Pancasila
  • Dokumen ppt (animasi tentang menemukan konsep luas persegi).
  • Media gambar Garuda Pancasila dan potongan gambar sila-sila Pancasila
  • Peralatan Menggambar
  • Contoh gambar rumah
Selesai sudah analisa sumber belajar, silahkan lanjutkan membaca ke halaman berikutnya tentang pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. 











                  


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel