015 Research Framework: Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian

basiceducationpenyusunankerangkausulanpenelitian


Sumber Informasi Penelitian
Sebelum membahas tentang sumber informasi penelitian dalam melengkapi penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian ini, kita pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan metode penelitian kualitatif. 

Sesuai dengan pendekatan atau metode kualitatif yang direncanakan untuk dipakai dalam rencana penelitian ini, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya :

Kelebihan 
Penggunaan pendekatan/ metode kualitatif dalam rencana penelitian yang akan dilaksanakan diantaranya adalah mengakomodasi penelitian yang memiliki sifat umum, fleksibel.

Pendekatan ini memungkinkan berkembang pada tahapan proses penelitian; memungkinkan terjadinya pola hubungan antara sarana prasarana dan guru terhadap rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun 2019; dan dengan jumlah sampel yang kecil namun mendalam dalam pengambilan data terhadap sampel yang sedikit tersebut.

Kekurangan 
Pendekatan/ metode kualitatif dalam rencana penelitian diantaranya adalah tidak dapat ditentukan perencanaan yang lengkap di awal penelitian karena mengakomodasi kemungkinan pengembangan terkait penelitian yang terjadi pada proses penelitian sehingga cenderung memakan waktu yang relatif lama

Pendekatan ini juga menuntut peneliti dalam merespon kejadian pada proses penelitian baik yang sesuai dengan rencana maupun yang hadir secara tiba-tiba; menuntut peneliti untuk masuk lebih dalam pada variabel-variabel penelitian; serta tidak dapat merumuskan hipotesa secara mantap dan terencana di awal karena kemungkinan hasil penelitian tidak dapat diprediksi dari awal.

Dari kelebihan dan kekurangan pendekatan atau metode kualitatif yang kita gunakan dalam penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian ini, maka semaksimal mungkin kita usahakan untuk meminimalisirnya. 
pendekatankualitatifpenyusunankerangkausulanpenelitian

Berbagai cara dapat kita lakukan untuk meminimalisir kekuranga-kekurangan tersebut, seperti pada aspek tidak dapat ditentukan perencanaan yang lengkap di awal proses penelitian dan memakan waktu yang lama dapat kita siasati dengan memberikan batasan-batasan permasalahan namun sedapat mungkin tidak mengurangi makna “penelusuran mendalam”nya. 

Sedangkan pada aspek tidak dapat kita merumuskan hipotesa secara mantap dan terencana di awal dapat kita lakukan antisipasi dengan memprediksi hipotesa-hipotesa yang kita perkirakan benar-benar mempengaruhi variabel dependen nya. 

Sumber Informasi Penelitian
Pada penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian yang sedang kita bahas ini, sumber-sumber informasi dalam rencana penelitian yang akan dilaksanakan dapat berupa beberapa hal yang sekiranya mendukung dalam pengambilan data, analisa data, dan sajian hasil pengolahan data serta penting dalam intepretasi hasil penelitian. 
sumberinformasipenelitianpenyusunankerangkausulanpenelitian

Pengurus barang di SDN XXX, dilanjutkan peninjauan keadaan nyata sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah dan guru kelas 1 sampai kelas 6 SDN XXX (kedua jenis data tersebut akan menghasilkan tingkat kesiapan sekolah dalam menyongsong pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun 2019).

Pengurus barang dijadikan sumber informasi karena memiliki dan mengetahui data-data sarana prasarana sekolah, pengambilan datanya bisa dilakukan dengan wawancara dan dilanjutkan dengan pendataan secara nyata keadaan sarana prasarana yang benar-benar ada dan tersedia di SDN XXX.

Sumber data selanjutnya adalah kepala sekolah, guru kelas 1 sampai kelas 6, dalam bentuk wawancara terkait persepsi mereka pada kurikulum 2013, secara lengkap didalami mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan terkait siap tidaknya kompetensi guru-guru tersebut dalam melaksanakan kurikulum 2013. 

Konfirmasi atas wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas 1 sampai kelas 6 dapat dikonfirmasi dengan melihat dokumen pembelajaran dan juga dengan observasi dan wawancara kepada siswa terkait kinerja yang telah ditampilkan oleh guru. 

Demikian sekedar contoh penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian berjenis kualitatif. Jika telah terencana dengan lengkap, maka akan menjadi jaminan lancarnya proses penelitian yang akan kita laksanakan. 

Bagaimana rekan-rekan, apakah semakin semangat untuk mulai “berani” memulai dan melaksanakan penelitian setelah memahami contoh penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian. Semoga kita mampu melaksanakannya secara terus menerus demi peningkatakan dunia pendidikan.








                




         


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel