#021 Pengembangan Model Pembelajaran Terintegrasi Tipe “Webbed”

basiceducationpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Berikut ini merupakan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dilakukan analisa menggunakan model pembelajaran terintegrasi tipe webbed dengan data-data analisa seperti tersebut di atas :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri xxx
Kelas / Semester : IV (empat) / I (satu)
Tema 4 : Berbagai Pekerjaan
Sub Tema 1 : Jenis-Jenis Pekerjaan
Pembelajaran 2 : Dua
Fokus Pembelajaran : Matematika, PPKn, dan SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit

Kompetensi Inti
  • KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  • KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  • KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  • KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar (KD) & Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dan akar pangkat dua
Indikator
3.9.1 Siswa mampu menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkret dangan benar
4.9.1 Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang luas persegi dengan benar

PPKn
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
3.1.1 Siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila pertama Pancasila dengan benar.
4.1.1 Siswa mempu memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

SBdP
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi
Indikator
3.1.1 Siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci
4.1.2 Siswa mampu menggambar bangunan atau rumah impian dengan kreatif

rencanapelaksanaanpembelajaranRPPpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkret dengan benar
  2. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan masalah tentang luas persegi dengan benar
  3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci
  4. Setelah mengamati gambar, siswa mampu menggambar bangunan atau rumah impian dengan kreatif 
  5. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila pertama Pancasila dengan benar
  6. Setelah berdiskusi, siswa mempu memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
Silahkan lanjutkan membaca bagian materi pembelajaran dan poin-poin selanjutnya pada halaman berikutnya. 












                  



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel