014 Research Framework: Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian

basiceducationpenyusunankerangkausulanpenelitian


Lanjutan (Pendekatan/ Metode dan Sumber Informasi Penelitian) 
Melanjutkan poin-poin penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian pada halaman sebelumnya, kita lanjutkan dengan poin dimensi/ variable penelitian, pendekatan atau metode penelitian yang digunakan dan sumber informasi penelitian. 

Dimensi/ Variabel Penelitian 
Dimensi atau variabel yang akan dilakukan pengambilan, analisa, dan sajian hasil analisa atau yang lebih lugasnya menjadi fokus penelitiannya adalah sebagai berikut : 
  • Sarana prasarana di SDN XXX, pada dimensi atau variabel ini akan membahas tentang keadaan sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Dasar Negeri XXX Kecamatan XXX Kabupaten XXX, dan akan diolah (dianalisa) apakah sarana dan pra sarana yang ada di Sekolah Dasar Negeri XXX dalam mendukung penerapan kurikulum 2013. 
  • Guru di Sekolah Dasar Negeri XXX; sumber daya manusia sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri XXX, dalam hal ini guru, akan diambil data terutama pada guru kelas 1 sampai kelas 6 dan dianalisis seberapa siap kompetensi yang telah dimiliki para guru kelas 1 sampai kelas 6 di Sekolah Dasar Negeri XXX dalam mendukung dan mempengaruhi pelaksanaan kurikulum 2013. 
  • Kesiapan sarana prasarana dan guru Sekolah Dasar Negeri XXX; berdasarkan hasil analisa sementara yang bersumber dari sarana dan prasarana serta kompetensi guru di Sekolah Dasar Negeri XXX akan memberikan gambaran tingkat kesiapan penerapan kurikulum 2013 pada tahun 2019 di Sekolah Dasar Negeri XXX itu sendiri. 
  • Pemberlakuan kurikulum 2013 secara menyeluruh pada tahun 2019; standar yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan diperbandingkan hanya dengan tingkat kesiapan sarana prasarana dan guru yang ada di Sekolah Dasar Negeri XXX, walaupun sebenarnya tingkat kesiapan penerapan kurikulum masih dipengaruhi oleh faktor-faktor pendidikan yang lainnya. 
Pendekatan/ Metode Penelitian 
Sebelumya saya sampaikan selamat pada rekan-rekan yang telah memikirkan dan menentukan bahwa pendekatan atau metode penelitian yang akan dipakai adalah kualitatif dengan cara berpikir induktif berparadigma konstruktivisme sosial.
metodepenelitianpenyusunankerangkausulanpenelitian

Sesuai dengan rencana judul penelitian Kesiapan Sarana Prasarana dan Guru di Sekolah Dasar Negeri XXX Kecamatan XXX Kabupaten XXX dalam Menyongsong Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun 2019 dan mempertimbangkan dimensi atau variabel yang telah disampaikan maka penelitian yang akan dilaksanakan ini direncanakan menggunakan pendekatan/ metode penelitian Kualitatif dengan pertimbangan sebagai berikut : 
  • Sifat penelitian yang bersifat ganda, holistik, dinamis, dan merupakan konstruksi dari variabel yang terdapat dari rencana penelitian. Hal ini tercermin dalam rencana penelitian yang tidak hanya meneliti tingkat kesiapan bukan hanya dari satu jenis pertimbangan saja, namun melebar pada dua jenis pembanding yaitu sarana prasarana dan guru. 
  • Penelitian difokuskan kepada pemerolehan makna berupa tingkat kesiapan sarana prasarana dan guru terhadap rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun 2019. 
  • Hasil penelitian yang direncanakan memberikan masukan (timbal balik) kepada pihak lain (pemerintah) dalam mempertimbangkan rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun 2019 
  • Data-data yang diamati dalam rencana penelitian ini terbatas pada konteks waktu dan tempat yang relatif sedikit namun menginginkan pemaknaan mendalam dalam proses penelitian yang direncanakan. 
  • Peranan nilai terbatas kepada interaksi peneliti dengan sumber data berupa keadaan sarana prasarana dan guru pada lokasi penelitian 
Metode kualitatif yang akan dipilih untuk dilakukan dalam penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian ini bukan tanpa cela. 

Berbagai jenis pendekatan atau metode yang dipilih dan dipakai dalam penelitian tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Lanjutkan membaca ke halaman berikutnya untuk penjelasan kelebihan dan kekurangan metode kualitatif dan juga poin terakhir sumber informasi penelitian. 








                




         



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel