013 Research Framework: Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian

basiceducationpenyusunankerangkausulanpenelitian


Sekedar Contoh Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian
Contoh penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian yang akan penulis sampaikan berikut ini dilakukan pada jenjang pendidikan dasar (sekolah dasar), semoga dapat menginspirasi. 

Silahkan dianalisa, penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian yang disampaikan berikut mengarah pad acara berpikir atau paradigma apa ??

Judul/ Tema Penelitian
Tingkat Kesiapan Sarana Prasarana dan Guru di SDN XXX Kecamatan XXX Kabupaten XXX dalam Menyongsong Penerapan Kurikulum 2013 pada Tahun 2019.

Latar Belakang Penelitian
Rencana Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penundaan penerapan kurikulum 2013 di sejumlah daerah yang ditetapkan oleh Menteri Anies Baswedan pada periode masih menjabat yang dilandasi adanya kondisi dan situasi yang belum siap pada banyak daerah yang belum siap terutama pada bagian sarana prasarana dan sumber daya manusia (guru).

Kondisi faktual yang telah terjadi di Sekolah Dasar Negeri XXX dan semua sekolah dasar dan sederajat yang ada dalam lingkup kabupaten XXX sebenarnya telah melaksanakan penerapan kurikulum 2013 sejak pertama kali kurikulum 2013 ini digulirkan. 

Namun demikian, pada prakteknya beberapa kendala masih terjadi dalam proses pelaksanaanya, tidak terkecuali kendala yang berhubungan dengan sarana prasarana dan sumberdaya manusia guru. 

Hal ini menjadi alasan utama penelitian mengenai kesiapan sekolah terkait sarana prasarana dan sumber daya manusia guru perlu dilakukan penelitian.

Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian yang dilakukan terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang berada di daerah-daerah yang belum memberlakukan penerapan kurikulum 2013 sejak awal.

Pada penelitian yang akan di laksanakan ini bertujuan untuk memberikan koreksi terhadap pelaksanaan pemberlakuan kurikulum 2013 pada lembaga-lembaga pendidikan di lingkup kabupaten XXX dalam kaitannya terhadap pemberlakuan kurikulum 2013 secara massif dan menyeluruh di seluruh daerah di negara kita pada tahun 2019.

Kerangka Teori/ Kerangka Berpikir
Menurut Lampiran Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasrana Sekolah/ Madrasah, menyebutkan bahwa sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasaran dasar ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat beribadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi, dan tempat bermain/ berolahraga.

Di dalam prasarana yang telah disebutkan di atas, harus terpenuhi sarana yang memadai berupa alat-alat yang mendukung keseluruhan proses pembelajaran di sekolah terkait. Ketentuan-ketentuan atau standarnya juga telah diatur dalam permendiknas yang sama.

kerangkaberpikirpenyusunankerangkausulanpenelitian

Kesiapan guru erat kaitannya dengan tujuan pendidikan yang hendak dicapai oleh pendidikan di Indonesia.

Seperti yang disebutkan dalam undang-undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003 yang mengamanahkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tingkat kesiapan sumber daya manusia pendidikan dalam hal ini guru juga dapat dikaji berdasarkan pada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai dengan yang disebutkan dalam undang-undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005, dan peraturan pemerintah no 19 tahun 2005.

Kompetensi-kompetensi tersebut adalah kompetensi kepribadian, kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Dasar rencana pemberlakuan kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar dapat dikaji pada Permendikbud nomor 160 tahun 2014 yang menyebutkan bahwa satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dapat melaksanakan Kurikulum Tahun 2006 paling lama sampai dengan Tahun Pelajaran 2019/2020. 

Hal ini dapat diartikan bahwa kurikulum 2013 akan dilaksanakan atau diterapkan secara penuh dan menyeluruh disemua jenjang pendidikan dasar di seluruh Indonesia pada tahun 2019.







                




         


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel