#022 Pengembangan Model Pembelajaran Terintegrasi Tipe “Webbed”

basiceducationpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Materi Pembelajaran
  1. Luas Persegi
  2. Simbol dan Makna Sila Pertama Pancasila
  3. Makna dan contoh pengamalan Pancasila Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa)
  4. Menggambar Bangunan Rumah Impian Sederhana
materipembelajaranpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Penemuan terbimbing, Ceramah, diskusi, dan penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Awal (20 menit)

  • Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
  • Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi daftar hadir siswa dan memeriksa kerapihan, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
  • Menginformasikan tema, sub tema, dan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Tema 4 : Berbagai Pekerjaan, Sub Tema 1 : Jenis-Jenis Pekerjaan, Pembelajaran 2 berisikan muatan MTK, PPKn, dan SBdP)
  • Menyampaikan tahapan pembelajaran (Mengamati, menemukan konsep, menyelesaikan penugasan, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, kegiatan menyusun potongan gambar, diskusi, mengamati tampilan contoh gambar, menggambar)


langkahlangkahpembelajaranpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed


Inti (170 menit)

  • Siswa mengamati tampilan presentasi menemukan konsep luas persegi, disertai dengan penjelasan guru sampai menemukan konsep (rumus) luas persegi. (Mengamati)
  • Siswa mengerjakan penugasan tentang luas persegi. (Mengeksplorasi)
  • Siswa memeriksa hasil pekerjaan bersama-sama dengan siswa lain dan guru. (mengkomunikasikan)
  • Menyanyikan lagu Garuda pancasila untuk membawa siswa pada kondisi muatan selanjutnya.
  • Siswa mengamati presentasi tentang Pancasila, guru memberikan pertanyaan pancingan untuk memicu siswa untuk menanyakan hal-hal yang lebih dalam tentang sila-sila Pancasila.(Menanya)
  • Siswa membentuk kelompok heterogen (dibagi oleh guru) untuk menyelesaikan tugas berupa memasang potongan-potongan gambar simbol sila Pancasila. (Mengasosiasi)
  • Kelompok dilanjutkan dengan diskusi mengenai makna dan pengamalan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (Mengkomunikasikan)
  • Siswa mengamati contoh gambar rumah idaman, guru memberikan penjelasan tentang prinsip-prinsip menggambar tiga dimensi. (Mengamati)
  • Siswa melaksanakan tugas menggambar rumah idaman masing-masing secara kreatif. (Mengeksplorasi)
langkahintipembelajaranpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Penutup (20 menit)
  1. Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
  2. Umpan balik berupa pertanyaan-pertanyaan lisan tentang materi yang telah dipelajari.
  3. Guru memberikan waktu kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pelaksanaan kegiatan selama sehari.
  4. Bersama-sama menutup pembelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing

Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
mediadansumberbelajarpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed
  • Komputer
  • LCD Proyektor
  • File lagu Garuda Pancasila
  • Dokumen ppt tentang animasi menemukan konsep luas persegi
  • Media gambar Garuda Pancasila dan potongan gambar sila-sila Pancasila
  • Peralatan Menggambar
  • Contoh gambar rumah
  • Buku Guru Tema 4, Sub Tema 1, Pembelajaran 2, hal 14 – 24, Anggi St. A.
  • Buku Guru Tema 4, Sub Tema 1, Pembelajaran 2, hal 13 – 20, Anggi St. A.

Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran

Teknik penilaian

  • Matematika : Eksplorasi Penugasan
  • PPKn : Diskusi Kelompok
  • SBDP : Portofolio (Gambar Rumah Impian)
penilaianprosesdanhasilpembelajaranpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed


Instrumen penilaian

  • Matematika rubrik eksplorasi pengerjaan tugas
  • PPKn penilaian observasi proses diskusi pengamalan sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • SBdP produk hasil gambar rumah impian sangat sederhana


Catatan :

  • Refleksi (selama proses pembelajaran)
  • Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
  • Peserta didik yang perlu mendapat perhatian khusus
  • Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
  • Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan


Remedial

Memberikan remedial bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan(dilakukan setelah refleksi pada waktu lain).
remidialdanpengayaanpengembanganpembelajaranterintegrasiWebbed

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi peserta didik yang melebihi target pencapaian kompetensi(dilakukan setelah refleksi pada waktu lain).

Demikian secara lengkap rencana pelaksanaan pembelajaran telah disampaikan. Namun penulis rasakan bahwa diperlukan lampiran-lampiran. 

Cek lampiran di halaman berikutnya, silahkan lanjutkan membaca. 













                  


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel