019 Basic Education was Participated on CEREBEL Workshop

Basic Education was Participated on CEREBEL Workshop
basiceducationoncerebelworkshop

Pada kesempatan kali ini, penulis blog “Basic Education” mencoba sekedar berbagi cerita tentang keikutsertaan dalam acara workshop yang diadakan oleh KeRis (Kelompok Riset) CEREBEL FKIP Universitas Jember.

Cerebel merupakan organisasi di bawah FKIP Unej yang bergerak dalam bidang kerisetan yang dikhususkan pada ranah bidang pendidikan. Berbagai disiplin ilmu dapat berafiliasi dalam organisasi ini. 


Seminar-seminar dan workshop-workshop rutin dilakukan dalam mengawal perjalanan riset yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa Universitas Jember.
basiceducationoncerebelworkshopteamresearch

Kelompok riset ini memberikan bantuan secara total kepada anggota-anggotanya dalam pelaksanaan riset. 


Bantuan-bantuan penumbuhan awal ide-ide penelitian, supervisi dan monitoring proses perjalanan riset, dorongan untuk mempublikasikan hasil riset yang telah dilakukan, sampai pada mengakomodasi pelaksanaan seminar-seminar bahkan konferensi-konferensi dalam usaha publikasi artikel hasil penelitian.
basiceducationoncerebelworkshopicon

Khusus terkait dengan konferensi-konferensi sebagai pembuka jalan menuju publikasi artikel, FKIP Universitas Jember pada umumnya lebih banyak menyelenggarakan konferensi-konferensi internasional. 


Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah publikasi internasional yang pada tataran nasional masih perlu ditingkatkan baik pada kuantitas maupun Kualitasnya. 
basiceducationoncerebelworkshopilustration


Tema-tema konferensi yang dilakukan selalu merupakan tema-tema terupdate dan mengakomodasi model-model, strategi-strategi, serta pendekatan-pendekatan pembelajaran terkini yang sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan.


Konferensi terkini yang telah dilakukan adalam ICOPAMBS 2019. Dan saat ini sedang onprocess I-STEM-House. Peserta konferensi juga tidak hanya untuk periset-periset internal, namun juga memberikan kesempatan bagi periset-periset seluruh Indonesia bahkan periset-periset luar negeri untuk menyampaikan hasil risetnya dalam konferensi-konferensi yang dilaksanakan.
basiceducationoncerebelworkshoptrainingilustration


Kali ini penulis akan menyampaikan pelaksanaan workshop yang diadakan oleh Kelompok Riset (KeRis) Cerebel yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019.


Pelaksanaan workshop dengan tema “Analisa Penerapan Perangkat Pembelajaran Research-Based Learning Berbantuan Cloud Class Room (CCR) dalam Meningkatkan Keterampilan Combinatorial Thinking Mahasiswa pada Era Education 4.0” dilakukan di aula Agrotechnopark Unej yang berada di Jubung.
basiceducationoncerebelworkshopKeRisCerebel

Workshop sehari ini dilakukan dengan jadwal pemaparan 3 jenis materi yakni Research-Based Learning dan Combinatorial Thinking; Implementasi Cloud Class Room dan Combinatorial Thinking; serta Pembelajaran Metakognisi di Jenjang Sekolah Dasar.


Untuk materi pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Drs. Dafik, M.Sc.Ph.D, sedangkan materi kedua CCR (Cloud Class Room) disampaikan oleh Bapak Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd.M.Pd, dan materi ketiga (Pembelajaran Metakognisi di Jenjang Sekolah Dasar) disampaikan oleh penulis.

basiceducationoncerebelworkshopmuhammadanwarudin

Kegiatan workshop ini dilakukan untuk memberikan bimbingan dalam penyelesaian dan penyempurnaan revisi artikel yang telah dikonferensikan dalam ICOPAMBS 2019 dengan tujuan untuk publikasi internasional.


Kegiatan workshop berjalan dengan lancar. Sesi diskusi dilaksanakan setelah pemaparan materi telah selesai dilakukan.


Semoga hal ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan.


File ppt materi “Pembelajaran Metakognisi di Jenjang Sekolah Dasar” dapat diunduh pada tautan ini.


Pelaksanaan kegiatan workshop dapat dilihat pada tautan video berikut.







                







0 Response to "019 Basic Education was Participated on CEREBEL Workshop"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel