012 Research Framework: Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian

basiceducationpenyusunankerangkausulanpenelitian


Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian
Setelah memahami penjelasan pada postingan sebelumya mengenai [01] “Berani” Memulai dan Melakukan Penelitian “Pendidikan”, maka langkah awal dalam memulai keberanian dalam melakukan penelitian pendidikan adalah dengan menyusun kerangka usulan penelitian. 

Kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penting untuk disusun karena selain menjadi pedoman perjalanan penelitian, juga akan membantu mengarahkan dalam proses penelitian yang akan dilakukan. 

Dengan demikian maka proses penelitian dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana (penulis memahami menumpuknya beban kerja guru), sehingga pertimbangan waktu juga sangat penting untuk diperhatikan. 

Menyusun kerangka usulan penelitian atau rencana kerja dapat dilakukan dengan memikirkan dan mencoba menyusun beberapa hal sebagai berikut: 
  1. Tema/ judul penelitian yang akan dilakukan. (pertimbangkan paradigma berpikirnya apakah deduktif ataukah induktif). 
  2. Latar belakang yang menjelaskan mengapa berminat melakukan penelitian. (banyak penelitian muncul dengan alasan adanya kesenjangan, silahkan di-explore lebih mendalam). Atau mungkin dapat dari pertimbangan-pertimbangan lainnya
  3. Penjelasan kerangka teori atau kerangka berpikir yang akan digunakan dalam penelitian. (dilakukan setelah benar-benar telah melampaui poin 1 dan poin 2). 
  4. Dimensi/ Variabel yang akan diteliti, danpenjelasan rinci apa yang maksud dari masing-masing Variabel. Paling sedikit harus mencakup 3 variabel/ dimensi. (jika kita mengambil pertimbangan kesenjangan, maka apa yang tidak sesuai ekspektasi menjadi 1 variabel, dan penyebab-penyebabnya menjadi variable-variabel lainnya). 
  5. Penjelasan pendekatan/ metode penelitian apa yang akan digunakan, dan alasan mengapa pendekatan tersebut yang dipilih. Jelaskan juga apa kekuatan dan kelemahan pendekatan/ metode yang dipilih dalam kasus penelitian. (hal ini menyesuaikan dengan paradigma berpikir seperti apa yang kita pilih untuk membuktikan sesuatu dengan melakukan penelitian), sekedar saran akan lebih kuat jika kita mengakomodasi positivisme dan juga konstrukstivisme sosial. 
  6. Penjelasan apa dan siapa yang akan digunakan sebagai sumber informasi dan jelaskan mengapa. (tujuan utama tentunya adalah peningkatan mutu pembelajaran; saran dan rekomendasi untuk diri pribadi ataupun pihak-pihak lain yang berkepentingan). 
tahapantahapanpenyusunankerangkausulanpenelitian



Penting !!
Bagaimana dengan PTK atau Classroom Action Research?? 
Pendapat tentang jenis penelitian sebagai sandaran penelitian tindakan kelas lebih condong memahami bahwa penelitian tindakan kelas mengarah pada penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. 
tentangPTKpenyusunankerangkausulanpenelitian

Dari ketiga sandaran penelitian kualitatif yakni postpositivism, constructivism, dan postmodernism, penelitian tindakan menjadi anggota dari konstruktivisme yang bersanding dengan etnometodologi, etnografi teks, dan action research.

Apapun itu jenis penelitian yang akan kita lakukan, tidak menjadi masalah serius. Pemahaman atas jenis penelitian yang dapat kita dapatkan dari berbagai sumber untuk selenjutnya benar-benar diterapkan dalam proses penelitian akan memberikan manfaat bagi kita. 

Kembali kepada penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja. Bahwa poin-poin yang telah disampaikan tersebut di atas tidak harus berurutan (sequential) namun bisa saja terjadi poin awal (judul) muncul muncul setelah ditetapkan poin-poin lainnya. Biarkan semua berjalan sesuai dengan waktu munculnya masing-masing. 

Ketika beberapa poin sudah mulai muncul, pelihara dan tetap temukan inspirasi untuk mengembangan poin-poin lainnya. Biasanya inspirasi seringkali muncul pada waktu dan tempat yang kurang tepat (tidak masalah, segera catat dan kembangkan sesegera mungkin). 

Beberapa ide-ide penting dan penemuan yang mendunia kadangkala diawali hanya dari hal-hal sepele yang terus dikembangkan secara terus menerus. 

Buktikan rasa sayang kita terhadap dunia pendidikan dengan mulai “berani” memulai dan melakukan penelitian-penelitian yang mampu memberikan perbaikan-perbaikan pada kekurangan-kekurangan pendidikan kita dan mampu meningkatkan hal-hal yang sudah baik. 

Berikutnya, penulis sajikan sekedar contoh penyusunan kerangka usulan penelitian atau rencana kerja penelitian, silahkan lanjut ke halaman berikutnya.


Sekedar Contoh Penyusunan Kerangka Usulan Penelitian (Rencana Kerja) Penelitian





                                             




         


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel