#1 Perumusan Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan



#1 Perumusan Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanperumusanKTSPcover

Kurilkulum pendidikan sebagai ruh dari proses perjalanan pendidikan memiliki makna penting dalam dunia pendidikan. Framework besar kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan perlu diterjemahkan dalam jenjang satuan pendidikan supaya dapat dijalankan secara maksimal.

Dalam merumuskan kebijakan kurikulum di tingkat satuan pendidikan, yang merupakan pengejawatahan dari kebijakan kurikulum dari jenjang institusi yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah latar belakang pemikiran, identifikasi masalah, tujuan dan kegunaan, serta lingkup materi yang dikembangkan.
dokumenperumusanKTSP

Latar belakang pemikiran dalam pengembangan kebijakan kurikulum dalam tingkat satuan pendidikan menjadi dasar dalam mendeskripsikan berbagai landasan pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan kebijakan kurikulum yang akan dirumuskan.

Identifikasi masalah diperlukan dalam mendeskripsikan permasalahan yang harus diatasi sehingga perlu disusun kebijakan kurikulum. Tujuan, kegunaan, serta materi merupakan bagian obyek yang semestinya tercantum dalam rumusan kebijakan kurikulum dalam satuan pendidikan.

LATAR BELAKANG PEMIKIRAN
Sebagai bentuk rancangan atau program pendidikan, kurikulum menempati posisi sangat strategis dalam keseluruhan kegiatan pendidikan. Keberadaan kurikulum sangat menentukan terhadap tercapainya tujuan pendidikan dalam sebuah lingkup satuan pendidikan yang menjadi dasar tercapainya tujuan pendidikan nasional.
latarbelakangperumusanKTSP

Pengembangan kebijakan kurikulum dalam bentuk perumusan kebijakan kurikulum dalam lingkup satuan pendidikan didasarkan kepada situasi nyata yang terjadi dalam pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mendukung pelaksanaan proses pembelajaran. Kesenjangan atau ketidakserasian antara kondisi yang diharapkan dengan hal yang terjadi di lingkup satuan pendidikan/ kondisi di lapangan mendapatkan perhatian khusus. Kesenjangan yang terjadi dipengaruhi oleh banyak faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kebijakan kurikulum yang telah ditetapkan.

Beberapa kendala yang menyebabkan kesenjangan yang terjadi di lapangan (satuan pendidikan) perlu adanya penanganan yang serius dari pengelola pendidikan di level satuan pendidikan. Lembaga pendidikan harus mampu menterjemahkan kebijakan kurikulum dari pemerintah untuk disajikan kepada peserta didik dan konsumen pendidikan lainnya demi tercapainya tujuan pendidikan dalam satuan pendidikannya masing-masing.

Dalam usaha untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi kesenjangan yang terjadi, pengelola satuan pendidikan harus memperhatikan beberapa landasan pengembangan kurikulum supaya tidak keluar dari jalur pengembangan yang ditetapkan pemerintah. Landasan-landasan yang perlu diperhatikan adalah berupa landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, dan landasan teknologis.


Lanjutkan pada halaman berikutnya … Landasan-Landasan Perumusan KTSP

        




0 Response to "#1 Perumusan Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel