[02] KEKERASAN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN DITINJAU DARI USIA ANAK BERDASARKAN SOSIO EMOSIONAL DAN MORAL


Perkembangan Sosio Emosional Anak
Menurut beberapa sumber literasi, perkembangan sosio emosional anak pada tahapan usia SD sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana anak tersebut berinteraksi dalam kehidupannya. 

Dalam hal ini, lingkungan yang baik cenderung memberikan dampak yang baik pula pada perkembangan sosio emosional anak, begitu juga sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan sangat berdampak pada perkembangan sosio emosional anak. 

Menjadi suatu hal yang sangat penting bagi orang tua untuk meyakinkan bahwa putra putrinya telah berada pada lingkungan pergaulan yang tepat dan mempu membawa kebaikan bagi perkembangan sosio emosional anak.

Pengaruh lingkungan yang baik akan melahirkan emosi anak yang stabil dan lebih terkontrol, dalam hal ini tercermin pada tingkah keseharian anak yang lebih sering menunjukkan wajah yang ceria, mampu bergaul dengan teman secara baik, bergairah dan konsentrasi dalam belajar, serta memiliki refleks (penghargaan) kepada diri sendiri dan kepada orang lain. Sebagai orang tua kita semua faham lingkungan yang bagaimana yang dapat terkategorikan dalam lingkungan yang baik dan mendukung.

Sebaliknya pengaruh lingkungan yang kurang baik akan menjadikan emosi anak menjadi kurang stabil dan kurang terkontrol (mudah marah, mudah mengeluh, kecewa, dan pesimis dalam menghadapi suatu masalah. 

Anak dengan pengaruh lingkungan kurang baik cenderung menunjukkan wajah yang murung, mudah tersinggung, membatasi diri dalam pergaulan, mudah tersulut amarahnya, dan sedikit penghargaan pada diri sendiri dan orang lain. 

Hati-hati dalam pergaulan yang kita lakukan dalam lingkungan keluarga, sesuatu yang kurang baik dan bahkan kita anggap remeh justru akan memberikan dampak buruk berkepanjangan pada kehidupan anak kedepannya. Ingat, bahwa anak selalu akan mencari role model dan role model biasanya akan ditemukan di sekitar/ terdekat dalam kehidupan anak.

Pengaruh lingkungan yang kurang baik pada perkembangan sosio emosional anak akan terbawa ketika anak berada pada tahap usia SMP. Pengaruh lingkungan yang kurang baik tersebut akan berdampak lebih serius/ intensif pada usia ini, ditambah lagi dengan meningkatnya hormon pada masa pubertas yang lebih dikenal dengan masa badai emosional pada anak. 

Pada masa ini, masa bahagia sebagai anak-anak terkurangi maksimal sampai 50 persen. Jika dalam tahap ini anak masih berada dalam lingkungan yang kurang baik, maka hal ini akan sangat mempengaruhi keadaan sosio emosional anak yang akan berdampak pada kesulitan akademis, kenakalan remaja, dan hal-hal yang membahayakan lainnya jika anak tidak dibimbing untuk mampu mengontrol emosinya yang saat itu berada pada tingkat emosi yang tinggi.

Tahapan usia SMA, keadaan sosio emosional anak berada pada posisi yang mengarah kepada proses untuk mencapai tahap kedewasaannya. Pada tahapan ini, gejala sosio emosional yang sering terlihat adalah munculnya perasaan sayang, marah, takut, bangga, malu, benci, harapan, putus asa, dan hal-hal lain yang mengarah pada kedewasaan. 

Pada tahap ini pula akan banyak terjadi perubahan-perubahan yang sifatnya umum (universal) diantaranya meningginya emosi seiring dengan perubahan fisik dan psikis, perubahan drastis pada bagian-bagian tubuh, mulai membentuk kelompok-kelompok yang kadangkala menjadi masalah di masyarakat.

Berdasarkan penjelasan tahapan-tahapan tersebut di atas, maka sudah jelaslah bagi kita semua, bahwa kasus-kasus yang terjadi pada lingkungan pendidikan adalah bersumber kepada penanganan atau perlakuan yang tidak mendukung dari komponen-komponen pembentuk lingkungan.

Pengaruh yang kurang baik pada perkembangan sosio emosional anak sehingga perkembangan sosio emosional anak tidak terarah pada hal-hal yang bersifat baik dan positif dan dampak akhirnya terjadilah kasus-kasus pendidikan yang sering kita dengar dan lihat.


Tinjauan Kasus PendidikanBerdasarkan Moral



                                                    


      

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel